Jalani Rehabilitasi Sosial, Warga Binaan Rutan Pelaihari Dites Urine

TUNGGU GILIRAN: Puluhan warga binaan Rutan Pelaihari menunggu giliran untuk menjalani tes urine – Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Belasan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas II B Pelaihari menjalani tes urine oleh tim kesehatan Rutan bersama BNNK Tanah Laut di Aula Pengayoman, Rabu (23/03/2022).

Tes urine bagi warga binaan ini merupakan serangkaian rehabilitasi sosial terhadap warga binaan yang sebelumnya menjadi pecandu berat narkotika, baik obat-obatan dan sabu-sabu.  

Plt Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Pelaihari, Rahmad Pijati mengatakan, rehabilitasi sosial ini bertujuan untuk mengurangi zat psikotropika para warga binaan, serta menumbuhkan kepercayaan diri bagi mereka ketika keluar dari lembaga pemasyarakatan nantinya.

“Kegiatan ini merupakan serangkaian dari rehabilitasi sosial bagi warga binaan, yakni tes urine untuk selanjutnya dilakukan asesmen oleh BNNK Tala,” ucapnya.

Rahmat juga berharap, setelah menjalani proses tersebut, para warga binaan yang direhabilitasi dapat benar-benar sembuh dan jika sudah keluar nanti tidak lagi ketergantungan terhadap narkotika.

Sementara itu dokter klinik BNNK Tanah Laut, Chairani Nur menjelaskan hasil asesmen ini nantinya akan menentukan rehabilitasi.

“Hasil tes urine ini nantinya akan menjadi asesmen bagi kami untuk mengetahui apakah para warga binaan ketergantungan sedang maupun berat” ungkapnya.

Dengan adanya rehabilitasi sosial dan asesmen ini, warga binaan rutan pelaihari yang dulunya ketergantungan terhadap narkoba, diharapkan tidak lagi mengkonsumsi narkotika jika sudah selesai menjalani masa tahanan.

Selain warga binaan, tes urine ini juga dilakukan terhadap para petugas dan karyawan Rumah Tahanan Negara Pelaihari, guna mencegah sejak dini peredaran narkoba di kalangan Lembaga Pemasyarakatan. 

Penulis: Zainal

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال