Perkuat Ekosistem Digital Pendidikan, Telkomsel Enterpise Kalimantan Dukung SIAPLAH Kalbar dan sekolahPRO

 

SIMBOLIS: Launching SIAPLAH Kalbar yang didukung oleh Telkomsel dan PT Kita Serba Digital - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Telkomsel terus berupaya memperkuat ekosistem digital, membuka peluang penerapan teknologi terdepan yang menghadirkan manfaat berkelanjutan  bagi dunia pendidikan di Indonesia. Langkah  yang dilakukan Telkomsel sebagai leading digital telco company melalui dukungan sistem informasi SIAPLAH Kalbar dan sekolahPRO, yang dihadirkan melalui kolaborasi Telkomsel dengan PT. Kita Serba Digital dan Dinas Pendidikan Kebudayaan Provinsi Kalbar.

SIAPLAH Kalbar merupakan Program Pendataan Sekolah yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Pemerintah Provinsi Kalbar secara digital, dengan memberikan layanan Pembayaran PBP melalui Bank Kalbar, serta menampilkan grafik data Siswa dan Sekolah secara realtime. Disamping itu, dapat menjadi salah satu sarana bagi sekolah di Kalimantan Barat untuk meningkatkan akreditasi sekolah, membantu pendataan pembelajaran yang memberikan kemudahan bagi sekolah, siswa, serta pihak terkait.

SekolahPRO merupakan layanan serta solusi manajemen sekolah yang akan menjadi lebih professional , dengan fitur yang mudah, praktis dan terintegrasi dalam layanan satu pintu. Dimana sesuai tujuan digitalisasi memberikan fleksibilitas tinggi, interaktif, konektivitas, trend teknologi dan efisien. sekolahPRO memiliki fitur dan layanan seperti E-Library, Call Centre, OSIS, Wali Kelas, Orang tua, Guru BK, Kepala sekolah, Voting OSIS dan Ketua Kelas serta Pusat Informasi Sekolah (PISLAH). Biayanya dapat menggunakan anggaran dana BOS yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2021 tentang petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Opersional Sekolah reguler, dimana untuk pembelanjaan melalui SIPLah (Sistem Informasi Pengadaan di sekolah) 

“Di masa kenormalan baru ini kita didorong untuk terus berupaya menciptakan ide maupun hal baru yang dapat mendukung peningkatan efisiensi termasuk dunia pendidikan melalui pemanfaatan teknologi digital. Telkomsel memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah setempat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dan PT. Kota Serba Digital melalui sinergi kehadiran SIAPLAH Kalbar dan sekolahPRO yang merupakan  sistem informasi pendataan sekolah secara digital” ungkap Manager Regional Enterprise Account Management Kalimantan Telkomsel Priambodo Adi Wicaksono.


Telkomsel Enterprise saat ini hadir mendukung Now Ready Business untuk menjadi game changer dalam ekonomi digital dengan memberikan solusi mobilitas terpercaya. Didukung oleh Network Ecosystem terbesar dengan 170 juta pelanggan, 97% network coverage, 266.000 BTS & 80 Combat yang melayani lebih dari 37.000 partner perusahaan di Indonesia. Serta terus mengembangkan produk dan solusi inovatif untuk segmen corporate yang tercantum dalam Telkomsel Enterprise Digital Portfolio dan Channel. 

“Bagian dari kolaborasi SIAPLAH Kalbar ini, Digital Enterprise Solution Telkomsel hadir untuk 698 SMA/SMK/SLB di 14 Kota/Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Kemudian juga menghadirkan Telkomsel Orbit untuk mendukung koneksi wifi di sekolah yang belum terjangkau internet kabel, New CloudX 2.0 mendukung sesi virtual konseling siswa, presentasi, evaluasi triwulan kegiatan siswa dan orang tua, CloudX Contact Center/CloudX Hub berupa layanan call centre bagi SMA/sederajat, serta Robocall yang digunakan sebagai reminder kegiatan di sekolah,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Kita Serba Digital Firman Cahyadi menambahkan, perubahan adalah sesuatu yang nyata dan perusahaan yang bergerak di bidang informasi teknologi telah menjalaninya, termasuk kolaborasi menghadirkan SIAPLAH Kalbar dan sekolahPRO ini. 

“Salah satu manfaat bagi siswa atau orang tua dapat mencari tahu informasi seputar vaksinasi pada peserta didik, terlebih saat ini masih di masa pandemi COVID-19,” bebernya.

Dilain pihak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar Drs. Sugeng Hariadi, M.M menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi atas dukungan Telkomsel sebagai penyedia internet seluler terbesar di Indonesia yang telah berkolaborasi  dengan pengembang aplikasi lokal PT Kita Serba Digital menghadirkan sistem informasi SIAPLAH Kalbar dan sekolahPRO. Tentunya kehadirannya sangat mendukung Pendidikan di Kalbar terutama di masa pandemi new normal saat ini”.

“Kolaborasi dalam menghadirkan SIAPLAH Kalbar dan sekolahPRO ini diharapkan akan memperkuat langkah semua pihak dalam menghadapi industri 4.0, sekaligus mendukung upaya peningkatan efisiensi dan produktivitas terutama pada bidang pendidikan di Kalimantan Barat”, tutup Priambodo.

Sumber: Rilis Telkomsel


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال