Waspada Angin Kencang dan Hujan Disertai Kilat di Wilayah Tanah Bumbu

CUACA EKSTREM: Hujan deras disertai angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Kalsel beberapa waktu belakangan – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Warga di Kabupaten Tanah Bumbu diminta untuk waspada dengan perubahan cuaca yang terjadi, seperti angin kencang dan hujan yang disertai kilat yang terjadi di siang hari.

Pasalnya, berdasarkan laporan harian Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu yang bersumber dari BMKG, untuk perkiraan cuaca untuk pagi hari cerah berawan dengan suhu 26°C, kelembapan 85%, kecepatan angin 10 KM/Jam, dan arah angin dari Timur Laut.

Namun, untuk siang hari perkiraan cuaca kemungkinan bisa terjadi hujan petir dengan suhu 32°C, kelembapan 60%, kecepatan angin 0 KM/Jam. 

“Peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hari di wilayah Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, dan sekitarnya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Tanbum Eryanto Rais melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Muhammad Faisal, Selasa (01/03/2022).

Sementara itu, untuk keadaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kabupaten Tanah Bumbu, yakni Sungai Batulicin Normal, Sungai Satui Normal, Sungai Kusan Normal.

Untuk titik Hotspot Kecamatan di Batulicin 0 titik, Simpang Empat 0 titik, Kusan Hilir 0 titik, Karang Bintang 0 titik, Kusan Hulu 0 titik, Mantewe 0 titik, Kuranji 0 titik, Sungai Loban 0 titik, Angsana 0 titik, Satui 0 titik, Kusan Tengah 0 titik dan terakhir Teluk Kepayang 0 titik

Muhammad Faisal kemudian mengimbau kepada Petugas TRC-PB sertaRelawan-PB BPBD Tanah Bumbu agar terus memantau daerah yang berpotensi puting beliung, longsor, banjir dan diminta melaporkan perkembangan di lapangan.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال