Bupati Balangan Hadiri Saprah Amal Pembangunan Masjid Raudhatul Amaliah di Desa Murung Ilung

KATA SAMBUTAN: Bupati Balangan H Abdul Hadi memberikan kata sambutan ketika menghadiri acara Saprah Amal pembangunan Masjid Raudhatul Amaliah - Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Bupati Balangan, H Abdul Hadi hadir dalam acara pekan amal di Masjid Raudhatul Amaliah, Murung Ilung, Kecamatan Paringin, Senin (11/7/2022) malam.

Selain untuk bersilaturahmi dengan warga, kehadiran orang nomor satu Bumi Sanggam ini tentunya menambah hangat dan meriah suasana Saprah Amal.

Bagi H Abdul Hadi lelang amal atau Saprah Amal alias Pekan Amal bukanlah sesuatu hal yang asing, karena Bupati yang merupakan warga asli Banjar Pahuluan ini sudah mengenal Saprah Amal sejak masa kecil.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengatakan, Pemerintah Daerah akan menyalurkan bantuan sebesar Rp 300 juta untuk penyelesaian pembangunan Masjid Raudhatul Amaliah, Desa Murung Ilung, Kecamatan Paringin.

Bupati secara pribadi juga membeli barang lelang sebanyak Rp 20 juta.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban panitia dan masjid bisa cepat diselesaikan,” ucap H Abdul Hadi.

Pekan Amal atau sering kita sebut Saprah Amal, merupakan salah satu adat dan budaya masyarakat suku Banjar Pahuluan, terutama umat Muslim dalam bergotong-royong dan saling membantu untuk pembangunan tempat ibadah, seperti Masjid, Langgar, Pondok Pesantren (Ponpes) dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan tersebut digelar berbagai macam rangkaian acara, seperti warung amal yang mana pada kegiatan ini dijual berbagai masakan, kue dan lain sebagainya. Warung amal merupakan sumbangan dari warga, dan hasil modal serta keuntungan penjualannya akan dimasukkan dalam kas amal.

Begitu pula beberapa barang dan bahan makanan yang dilelang di panggung amal, juga merupakan sumbangan dari warga.

Di sana, harga barang maupun makanan yang dilelang dengan modal berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah bisa laku hingga jutaan rupiah, dimana peserta lelang saling beradu harga, yang tentunya dalam rangkaian memeriahkan pekan amal tersebut.

Mereka bisa saja menyumbang tanpa mengikuti rangkaian lelang tersebut.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال