Cegah Penyakit Mulut dan Kuku, Satgas PMK Balangan Gencarkan Disinfeksi Kandang Hewan Ternak

TINJAU KANDANG HEWAN: Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK meninjau langsung kondisi kandang hewan ternak yang akan disemprot disinfektan untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Satuan Tugas (Satgas) Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Polres Balangan bersama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Balangan melakukan pencegahan dan penanganan penyakit yang menyerang hewan ternak ini dengan menyemprot cairan disinfektan ke kandang hewan ternak di dua tempat, yaitu di Sentra Kawasan Pembibitan Peternakan Desa Harapan Baru, Kecamatan Paringin Selatan dan Desa Kalahiang, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Jumat (08/07/2022) pagi.

Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK saat meninjau langsung pelaksanaan penyemprotan mengatakan, disinfeksi dengan penyemprotan tersebut merupakan upaya Polri dan instansi terkait yang tergabung dalam Satgas PMK untuk menanggulangi penyebaran virus yang menyerang mulut dan kuku pada hewan sapi.

“Kegiatan tersebut juga termasuk dalam Operasi Aman Nusa II, dimana dalam pelaksanaannya dilakukan secara terbuka serta mengedepankan pencegahan dan penanganan. Disinfeksi ini adalah upaya kita dalam mencegah penyebaran PMK,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Balangan juga meminta peran serta masyarakat mencegah penyebaran penyakit yang menyerang hewan ternak ini dengan melaporkan apabila mengetahui hewan ternaknya terjangkit PMK.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, Satgas PMK Kabupaten Balangan juga akan melaksanakan patroli guna melakukan pengecekan dan membatasi mobilitas hewan ternak antar kabupaten/kota.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال