Jajaran Polsek di Tanah Bumbu Pastikan Tak Ada Sapi Yang Terserang PMK

SEMPROT DISINFEKTAN: Anggota Polsek Angsana disaksikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanah Bumbu, Hairuddin menyemprotkan disinfektan ke kandang sapi milik Urip di Desa Angsana – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Guna memastikan rasa aman bagi masyarakat yang ingin mengonsumsi daging kurban, sehari menjelang perayaan Idul Adha 1443 Hijriyah/2022 Masehi, jajaran Polsek di empat wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yakni Polsek Angsana, Polsek Kusan Hilir, Polsek Kusan Hulu serta Polsek Sungai Loban, Sabtu (9/7/2022) melakukan pemeriksaan hewan ternak serta menyemprotkan disinfektan di kandang hewan.

Di Desa Angsana tepatnya di RT 002 RW 003 Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, anggota Polsek Angsana yakni Kanit Binmas Aipda Suryo Budi Susilo didampingi Aiptu Dedi Surakhmad dan Bripda Arif Iskandar bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanah Bumbu, Hairuddin melakukan pengecekan sapi kurban dan juga melakukan penyemprotan desinfektan di tempat penjualan sapi milik Urip. 

“Sapi yang diperiksa sekitar 250 ekor dan tidak ditemukan sapi yang terkena penyakit PMK. Semua sapi siap disalurkan kepada masyarakat,” kata Kepala DKPP Tanah Bumbu, Hairuddin. 

Sore harinya sekitar pukul 15.00 Wita, Anggota Polsek Kusan Hilir, Aipda Mochammad Ardiansyah dan Bripda Ariandy melakukan pengecekan terhadap 3 ekor sapi kurban dan juga melakukan penyemprotan disinfektan di penjualan sapi milik Muhtar di RT 02 Kecamatan Kusan Hilir.

Di tempat terpisah, Manteri Hewan Mahlan beserta Anggota Polsek Kusan Hulu Bripda Eko Guntur Ramadhan, Bripda Bayu Rotama serta Bripda I Kadek Dendi Wiadnyana juga melakukan pengecekan terhadap 12 ekor sapi kurban dan juga melakukan penyemprotan desinfektan di kandang sapi milik Kanto. 

Terakhir, Polsek Sungai Loban ikut melakukan pengecekan sapi kurban dan juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat penjualan sapi milik Wayan Gajeh RT 06 Desa Wanasari, Kecamatan Sungai Loban. 

Anggota Polsek Sungai Loban, Bripka I Komang S, Briptu Gunawan, Bripda Rehzi serta Anggota Babinsa Serka Kelik W memeriksa 3 ekor sapi di tempat ini.

Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan sapi yang terkena penyakit PMK dan siap disalurkan kepada masyarakat.

Kegiatan pemeriksaan hewan ternak dan penyemprotan kandang ini bertujuan untuk memastikan hewan ternak tidak terjangkit penyakit PMK yang disebabkan virus yang menyerang sapi.

Selain itu, pemeriksaan ini juga dilakukan agar masyarakat merasa aman mengonsumsi daging kurban.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال