BKKBN dan IGG Gelar Advokasi dan Edukasi Peran Pangan Lokal Cegah Stunting di Kabupaten Kapuas

HADIRI KEGIATAN: Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menghadiri langsung kegiatan Advokasi dan Edukasi Pangan Lokal untuk mencegah stunting yang digelar BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah dan IGC – Foto Dok Fridol

BORNEOTREND.COM – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah dan Indonesian Gastronomy Community (IGC) terus menggencarkan upaya pencegahan stunting di Bumi Tambun Bungai.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggelar kegiatan Advokasi dan Edukasi Pangan Lokal untuk mencegah stunting.

Kali ini, lokasi kegiatan adalah di Kabupaten Kapuas yang dibuka langsung Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT di Aula Bappelitbangda Kabupaten Kapuas, Jumat (24/02/2023) pagi.

Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi digelarnya kegiatan Advokasi Dan Edukasi Peran Pangan Lokal Untuk Mencegah Stunting yang diselenggarakan oleh BKKBN Provinsi Kalteng bekerjasama dengan IGC sebagai upaya untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Kapuas.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Indonesian Gastronomy Community (IGC) Ria Musiawan menerangkan penurunan stunting masih menjadi masalah besar yang harus segera diselesaikan.

"Apalagi stunting dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia sebuah negara, bukan hanya berdampak kepada kondisi fisik anak, melainkan juga kesehatan hingga kemampuan berpikir anak. Jadi, asupan pangan yang bergizi sangat penting dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Kapuas," kata Ria Musiawan.

Dihubungi terpisah Plt Kepala BKKBN Provinsi Kalteng, Dison SH mengatakan upaya percepatan penurunan stunting di Kalimantan Tengah harus dilakukan dengan semua lintas sektor dan mitra kerja termasuk dengan Indonesia Gastronomy Community (IGC).

"Tentunya kita menyambut baik gagasan IGC dalam upaya penurunan stunting di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Kapuas dengan melakukan advokasi dan edukasi peran pangan lokal untuk mencegah stunting," pungkas Dison. 

Kegiata ini dihadiri pula oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH MH yang juga anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalteng beserta pengurus, OPD Kabupaten Kapuas yakni Dinas P3APPKB, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PUPR, Dinas PMD, Dinas Perikanan, Camat se-Kabupaten Kapuas dan undangan lainnya.

Penulis: Fridol

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال