Dispersip Tanbu Ikuti Bimtek Penominasian Arsip Sebagai Memori Kolektif Bangsa

IKUTI SOSIALISASI: Dispersip Tanah Bumbu mengikuti sosialisasi penominasian arsip secara daring dari Kantor Dispersip Tanbu – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) penominasian arsip sebagai memori kolektif bangsa tahun 2023.

Sosialisasi ini diikuti oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu secara daring dari Kantor Dispersip Tanbu, Kamis (15/2/2023).

Dalam sambutanya, Kepala ANRI Imam Gunarto saat membuka sosialisasi mengatakan, kegiatan ini bukan hanya untuk meregistrasi dan menjalankan perintah presiden untuk mendokumentasikan kesenian dan kebudayaan, namun sebagai bentuk kesadaran yang tumbuh untuk mengatasi darurat arsip, darurat memori, dan darurat sejarah.

Imam Gunarto yang juga Ketua Komite Memory of the World (MOW) Indonesia dalam kesempatan itu juga memaparkan materi Warisan Dokumenter Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dispersip Tanbu Yulia Rahmadani mengatakan program registrasi arsip sebagai memori kolektif bangsa (MKB) bertujuan untuk membangun basis data arsip MKB yang memiliki nilai nasional dan universal.

“MKB adalah arsip dari sejarah perjalanan bangsa yang merupakan aset nasional yang menggambarkan identitas dan jati diri bangsa Indonesia,” kata Yulia.

Melalui program MKB ini, sebutnya tentunya dapat menyelamatkan dan melestarikan arsip dari resiko musnah atau hilang yang disebabkan oleh faktor alamiah atau faktor manusia.

Melalui MKB ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap arsip yang awalnya hanya diketahui secara terbatas menjadi pengetahuan bagi masyarakat diseluruh Indonesia.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال