Hore! Petani Karet di Balangan Akan Diberi Pupuk Gratis

PUPUK GRATIS: Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Balangan, Ir Tuhalus mengatakan pihaknya akan menyalurkan pupuk gratis untuk petani karet – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Para petani karet di Kabupaten Balangan boleh bergembira. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Balangan dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Balangan akan menyediakan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk memberikan bantuan pupuk gratis kepada petani karet.

“Bantuan yang akan diberikan secara gratis kepada petani adalah pupuk urea dan pupuk NPK. Penyalurannya nanti melalui kelompok tani yang ada di masyarakat, dan saat ini tengah dilakukan pendataan kembali kelompok perkebunan. Mendata jika ada kelompok yang sudah tidak aktif dan mencantumkan kelompok baru,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Balangan, Ir Tuhalus, Kamis (9/2/2023).

Ir Tuhalus mengatakan, lahan perkebunan karet di Bumi Sanggam cukup luas sehingga untuk meningkatkan produksi maka diadakanlah program bantuan pupuk secara gratis untuk petani karet.

“Mengingat sebagian warga  Kabupaten Balangan merupakan  petani karet, maka tahun ini kami memiliki program untuk meningkatkan produktivitas perkebunan masyarakat,” ujarnya.

Selain bantuan pupuk gratis dari Pemkab Balangan, tambah Ir Tuhalus, nantinya juga akan disediakan penjualan pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat.

“Harga eceran tertinggi untuk pupuk bersubsdi urea Rp 2.250 per kilogram dan pupuk NPK Rp 2.300 per kilogram,” sebutnya.

Menurutnya, jumlah pupuk yang disediakan untuk pupuk bersubsidi pada 2023 adalah untuk pupuk urea 2.849 ton dan NPK 1.845 ton.

“Untuk penyaluran pupuk bersubsidi melalui pedagang yang sudah terdaftar dan ada di setiap kecamatan,” pungkas Kepala DKPPP  Kabupaten Balangan.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال