Panen Raya Perdana di Desa Terusan Makmur Hasilkan 7 Ton Padi per Hektar

NAIK ALSINTAN: Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Ketua PKK Kapuas Ary Egahni Ben Bahat naik alsintan pemanen padi – Foto Dok Fridol

BORNEOTREND.COM - Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kapuas yang juga Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat SH MH melakukan Panen Raya padi di Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Selasa (21/02/2023).

Dalam panen ini, ada sekitar kurang lebih 6 sampai 7 ton padi yang dihasilkan per hektar sawah.

Terkait hasil ini, Bupati Kapuas Ben Brahim merasa bangga para petani di Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh karena berhasil menanam padi sehingga dapat dipanen dengan sempurna.

"Panen raya perdana ini dilakukan sebagai pemacu semangat para petani yang ada di Kabupaten Kapuas untuk terus mempertahankan Kabupaten Kapuas sebagai lumbung padi Kalimantan Tengah, tentunya tidak hanya lumbung padi tapi juga kita harapkan sebagai lumbung untuk sektor pertanian, perikanan dan lainnya," tegas Bupati Kapuas itu.

Ke depannya, Bupati berharap pertanian di Kabupaten Kapuas menjadi tulang punggung untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kita akan terus mendorong usaha pertanian di Kabupaten Kapuas dan kita harapkan Pemerintah Pusat untuk memberikan dukungan terutama untuk Alsintan atau alat-alat pertanian agar panen tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi memakai mesin," ungkap Ben Brahim.

Di tempat yang sama, Ary Egahni Ben Bahat SH MH selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Kapuas sekaligus sebagai representasi Wakil Rakyat Kalimantan Tengah menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat Kecamatan Bataguh khususnya Desa Terusan Makmur karena mampu menoreh sejarah untuk merasakan menjadi tonggak penyangga ketahanan pangan di Kabupaten Kapuas.

"Saya menyampaikan terima kasih atas terlaksananya panen raya ini, semoga dengan ini semua masyarakat bisa semakin semangat dalam meningkatkan kualitas pertanian untuk membangun daerah disektor tersebut," terang Ary Egahni.

Ary Egahny bersama anaknya Bella Brittani Bahat berjanji akan membantu pupuk untuk masyarakat Desa Terusan Makmur.

"Saya akan menyisihkan gaji dan uang pribadi untuk membelikan pupuk untuk masyarakat petani di desa setempat," ucap Ary Egahni.

Sementara itu, Camat Bataguh Syuryadin SH atas nama seluruh masyarakat Kecamatan Bataguh khususnya Desa Terusan Makmur menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat dan Ary Egahni Ben Bahat beserta jajaran dan unsur FKPD Kapuas yang telah berkenan melaksanakan panen raya di Desa Terusan Makmur.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi jajaran Pemerintah Kecamatan Bataguh dalam meningkatkan pembangunan khususnya di bidang pertanian," jelas Syuriyadin.

Lebih lanjut, Camat Bataguh itu menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR RI Dapil Kalteng, Ary Egahni Ben Bahat SH MH dan Bella Brittani Bahat yang memperhatikan masyarakat petani di Desa Terusan Makmur dengan rencana bantuan pupuk untuk para petani.

Hadir pada panen raya perdana di Desa Terusan Makmur Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Wakapolres Kapuas, Danramil, sejumlah Kepala OPD, Camat Bataguh, Kades dan undangan lainnya.

Penulis: Fridol

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال