Selain Rafael Alun Trisambodo, Sri Mulyani Temukan Ratusan Aduan Ulah Anak Buahnya

 

TEMUKAN RATUSAN ADUAN: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati -Foto dok finance.detik.com

BORNEOTREND.COM- Kementerian Keuangan sedang melakukan pemeriksaan disiplin pegawai terhadap Rafael Alun Trisambodo. Pejabat pajak yang baru dicopot itu terseret ulah anaknya yang menjadi tersangka penganiayaan dan sering pamer gaya hidup mewah di media sosial.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemeriksaan disiplin pegawai ini bukan pertama kalinya. Sepanjang 2022 Kementerian Keuangan telah menerima 185 pengaduan terkait tindak kejahatan fraud yang dilakukan jajarannya.

"Pada 2022 kami menerima 185 pengaduan fraud atau kejahatan, yang telah ditindaklanjuti dan berujung pada pemberian hukuman disiplin terhadap 96 pegawai," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/2/2023).


Jumlah pengaduan fraud di Kementerian Keuangan itu meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Pada 2021 terdapat 174 pengaduan dan 2020 terdapat 128 pengaduan.

"Pada 2021 kami mendapatkan 174 pengaduan fraud atau kejahatan yang juga telah ditindaklanjuti dan kami telah menjatuhkan hukuman terhadap 114 pegawai. Tahun 2020 pada saat pandemi, kami mendapatkan pengaduan 128 fraud atau kejahatan yang juga telah ditindaklanjuti dan kami menerapkan disiplin hukuman kepada 71 pegawai," beber Sri Mulyani.

Sebagai informasi, fraud adalah suatu kecurangan atau tindakan penipuan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Dengan adanya kejadian ini, Sri Mulyani meminta Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan terus memperkuat sistem whistleblower dari masyarakat. Bendahara Negara itu mempersilakan masyarakat untuk melapor jika mencium jajarannya melakukan dugaan kecurangan.

"Bantuan masyarakat, perhatian masyarakat, kritik masyarakat, sungguh kami hargai. Kami akan terus meminta masyarakat untuk menjaga dan mengawasi seluruh jajaran Kemenkeu karena institusi ini penting bagi negara dan bangsa kita. Ini adalah institusi yang harus dijaga oleh semuanya," imbuhnya.

Sumber: finance.detik.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال