HUT Damkar dan Satpol PP, Sekda Barsel: Damkar Merupakan Tugas Mulia

POTONG TUMPENG: Sekda Barsel memotong nasi tumpeng pada perayaan HUT Damkar Indonesia ke-104 dan HUT Satpol PP ke-73 tingkat Kabupaten Barsel – Foto Dok Digdo


BORNEOTREND.COM – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Indonesia ke-104 dan HUT Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) ke-73, Kamis (2/3/2023).

Peringatan HUT dilaksanakan dengan menggelar apel bersama, konvoi dalam kota dan pemotongan nasi tumpeng.

Dalam peringatan HUT Damkar dan Satpol PP yang dihadiri oleh seluruh petugas Damkar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barsel Edy Purwanto menyampaikan, Damkar merupakan tugas yang mulia, sebab tidak hanya memadamkan api saat terjadi kebakaran, namun mempunyai tugas untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan apabila ada masyarakat yang memerlukan bantuan.

"Petugas Damkar harus memiliki kemampuan penyelamatan non kebakaran seperti evakuasi tawon, evakuasi ular, dan evakuasi hewan lainnya, dan kemampuan ini harus ditingkatkan walaupun dengan mengandalkan kemampuan sendiri," katanya usai kegiatan.

Mantan Kepala Satuan Pol PP dan Damkar Barsel ini mengatakan bahwa petugas Damkar harus terus meningkatkan kemampuan dan keahlian di tengah banyaknya keterbatasan, karena seiring berkembangnya kepadatan permukiman dan kompleksitas kegiatan masyarakat saat ini.

"Petugas Damkar harus mempunyai kemampuan penyelamatan dalam bentuk apapun di segala medan dan pantang pulang sebelum api padam," ujar pria yang akrab disapa bang Eddy oleh personel Damkar setmpat.

Ia juga mengatakan, di tengah-tengah pertumbuhan kota Buntok yang semakin berkembang saat ini, keberadaan petugas Damkar sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat.

"Saya pribadi pernah tergabung didalam institusi ini tentunya sangat berbangga hati, karena profesi kalian saat ini, merupakan tugas yang benar-benar mulia," ungkap Eddy. 

Ditambahkan olehnya kemampuan petugas Damkar saat ini harus benar-benar diasah dari segala aspek sehingga mereka bisa menjadi petugas yang andal dan profesional di masa depan. 

Untuk itu, katanya penting dilakukan pelatihan terhadap personel agar lebih meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mereka.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Barsel kami mengucapkan selamat hari jadi Damkar Indonesia yang ke 104, semoga tetap jaya, selalu tangguh dan semakin dewasa serta ikhlas dalam melayani masyarakat untuk mengemban amanah dalam menjalankan misi penyelamatan khususnya di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini," tandas Eddy.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال