Pemenang Desain Logo IKN Bakal Dapat Rp 185 Juta

 

VOTING: Salah satu desainer logo IKN Nusantara -Foto dok finance.detik.com

BORNEOTREND.COM- Voting logo untuk IKN Nusantara masih dibuka. Masa voting dibuka dari 4 April 2023 hingga 20 Mei 2023.

Masyarakat dapat memilih logo tersebut melalui www.ikn.go.id/pilihlogonusantara. Rencananya, logo pilihan terbanyak akan diumumkan langsung Presiden Joko Widodo pada akhir Mei 2023 di IKN.

Diketahui, terdapat 5 desainer yang dapat dipilih oleh masyarakat, yaitu:

  1. Agra Satria, pendiri dan direktur kreatif MATA Studio, alumni DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy
  2. Aulia Akbar, desainer grafis yang berdomisili di Bandung, ia lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House
  3. Dimas Fakhruddin, desainer grafis profesional asal Malang, Jawa Timur. Dia merupakan pendiri Yumakiso Studio, studio desain grafis yang berfokus pada branding, packaging, dan tipografi
  4. Ismiaji Cahyono, kepala Studio desain SUNvisual dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Lulusan DKV ITB ini mengawali karirnya di Leboye Design sebelum melanjutkan program master ke the school of the art Chicago melalui beasiswa fulbright
  5. Wildan Ilham, co-founder workbyw, konsultan brand di Jakarta. Karyanya telah dipublikasikan di berbagai media internasional seperti The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong

Menariknya, dari kelima desainer tersebut, desainer dengan voting terbanyak akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 185 juta. Hal ini diungkapkan oleh Dewan Penasehat Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Derrie Kleefstra.

"Fee untuk yang menang itu Rp 185 juta. Peserta lainnya Rp 15 juta masing-masing," ujarnya dalam acara media gathering di Dia.Lo.Gue, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (17/4/2023).


Derrie menambahkan, fee atau hadiah yang diberikan oleh Otorita IKN disebut salah satu yang terbesar. Sebab, pekerjaannya jauh lebih berat dan jangka waktu pembuatan logonya jauh lebih panjang. Lalu, logo IKN ini juga diharapkan akan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sebagai informasi, dari sekitar 500 desainer yang berminat, para ahli yang tergabung dalam kepengurusan ADGI memilih 10 desainer yang menjadi finalis dan berhak membuat desain logo baru IKN.

Seleksi tahap awal adalah dengan cara open call ke seluruh member ADGI kemudian dikurasi lewat portfolio yang mereka submit dengan kriteria yang wajib, antara lain berprofesi sebagai desainer grafis profesional minimal 10 tahun dan berpengalaman dalam mengerjakan proyek identitas visual. Melalui penyaringan berdasarkan syarat-syarat di atas oleh para dewan kurator ADGI maka terpilih 10 desainer finalis.

Sepuluh finalis tersebut merupakan desainer dengan penilaian tertinggi. Adapun penilaiannya dari sisi estetis, ketahanan desain, sisi fungsi, pendalaman brief, hingga filosofinya.

Selanjutnya 10 karya logo finalis tersebut diajukan oleh OIKN kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dipilih lima logo yang diumumkan ke masyarakat. Setelah diumumkan secara terbuka, masyarakat kemudian dilibatkan untuk memilih desain logo mana yang akan menjadi logo terbaik. Logo dengan jumlah pemilih terbanyak akan ditetapkan sebagai logo resmi IKN.

Dewan Kuratorial Logo OIKN sekaligus Dewan Penasehat ADGI, Rege Indrastudianto menambahkan, selain desainer dengan voting terbanyak yang mendapatkan hadiah, 9 finalis desainer yang terpilih sebelumnya akan mendapatkan masing-masing Rp 15 juta.

"Semua desainer selain yang kepilih (voting terbanyak), berarti 9 orang (dapat Rp 15 juta), satu orang (dapat) Rp 185 juta," tuturnya kepada wartawan.

Selain itu, masyarakat yang turut voting dalam pemilihan logo baru IKN juga berkesempatan memenangkan hadiah berupa motor listrik yang ditandatangani oleh Jokowi. Sebagai informasi, hingga saat ini sudah ada sekitar 302 ribu orang yang sudah memvoting logo baru IKN.

"Nanti dari seluruh pemilih diundi, ada 10 motor listrik," kata Ketua ADGI, Ritchie Ned Hansel.

"Votingnya pakai nomor telepon. Masukkin nama, nomor telepon, sama dari provinsi mana. Nanti diundi datanya," sambungnya.

Sumber: finance.detik.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال