Disperindagkop Barsel Gelar Pelatihan Pengolahan Nenas Madu

FOTO BERSAMA: Jajaran Disperindagkop Barsel berfoto bersama peserta pelatihan pengolahan nenas madu – Foto Dok Humas Pemkab Barsel


BORNEOTREND.COM – Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar pelatihan untuk pengolahan produk nenas madu di Aula Hotel Ana Buntok, Jumat (16/6/2023).

Kepala Disperindagkop Barsel, Swita Minarsis SE mengatakan pelatihan kali ini banyak diikuti peserta dari Kecamatan Dusun Selatan (Dusel).

“14 orang di antaranya dari Desa Pararapak yang merupakan lumbungnya nenas madu ini,” katanya.

Swita mengatakan, dalam pelatihan ini para peserta diajari cara pembuatan olahan makanan dan kosmetik dari nenas madu. 

Dia berharap, olahan ini ini nanti bisa jadi produk unggulan di Kabupaten Barsel.

“Aneka ragam olahan makanan dari nenas madu itu berupa keripik dan jajanan lainnya. Sedangkan untuk kosmetik kita akan olah berupa skincare untuk perawatan kecantikan pada muka,” bebernya.

Swita berharap produk olahan ini tidak hanya dijual pada wilayah lokal saja, namun bisa merambah hingga Nasional atau seluruh wilayah area Indonesia.

Sementara itu, Pj Bupati Barsel diwakili oleh Asisten II Rahmat Nuryadin sangat mendukung dengan program ini, karena sangat bermanfaat bagi kelompok UMKM.

“Kali ini lewat sumber daya alam berupa nenas madu yang khas dari wilayah kita, kiranya bisa jadi berbagai macam olahan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” katanya.

Ia juga berharap bahan baku ini bisa dikelola lebih baik lagi, agar cita rasa khas nenas madunya tetap terjaga, terlebih untuk pelatihan kali ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Dengan bertambahnya keterampilan kita, tentunya bisa bergunan untuk dapat mensejahtrakan kehidupan lebih baik lagi,” ujarnya.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال