Uji Kemampuan Siswa Baca Al-Qur’an, Sekolah Alam Al-Tamar Balangan Gelar Munaqasyah Tilawati

IKUT UJIAN: Salah seorang siswa Sekolah Alam Al-Tamar mengikuti ujian kenaikan level tilawati dan Al-Qur'an – Foto Dok Sri Mulyani

BORNEOTREND.COM - Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, Sekolah Alam Al-Tamar Balangan menerapkan metode tilawati.

Metode ini diterapkan setiap akhir semester yakni dua kali dalam setahun yang dinamakan Munaqosyah Tilawati yaitu ujian kenaikan level tilawati dan Al-Qur'an. 

Ketua Yayasan Al Tamar Balangan, Risalatun Nahdia Tamrin mengatakan, Munaqasyah adalah ujian kemampuan membaca Al-Qur’an metode tilawati bagi semua siswa-siswi. 

"Saat ini siswa yang ikut Munaqasyah ada kelas 1 sebanyak 12 orang dan kelas 2 sebanyak 15 orang, serta PAUD ada 11 orang," ujarnya, Senin (12/6/2023). 

Disebutkannya, bahwa penguji atau munaqis di Sekolah Alam Al-Tamar didatangkan dari majelis Al-Qur’an Desa Karuh Batumandi yang telah memiliki sertifikat munaqis.

"Hal ini juga untuk mengukur sejauh mana pendidikan al-quran di Sekolah Alam Al Tamar dalam menunjang pendidikan akhlak pada semua anak didik," tegasnya. 

Diharapkannya, melalui kegiatan ini mampu untuk mengukur kemampuan siswa dalam bidang hafalan ayat-ayat Al-Qur’an.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال