Asal Pemkot Sediakan Lahan, DPRD Kalsel Siap Anggarkan Pembangunan SMK di Banjarmasin

WAWANCARA: Ketua Komisi IV DPRD Kalsel HM Lutfi Saifuddin - Foto Dok Arief

BORNEOTREND.COM- Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel HM Lutfi Saifuddin menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dan DPRD Kalsel siap mendukung anggaran dibangunnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Banjarmasin.

“Asal Pemkot Banjarmasin bisa menyediakan lahan untuk pembangunan SMK. Misalnya di Sungai Andai ada 12 pengembang, masa tidak bisa menyediakan lahan untuk bangunan SMK?” sindirnya.


Sebelumnya, masyarakat menginginkan dibangunnya SMK di Kota Banjarmasin, yakni di kawasan Basirih dan Sungai Andai.

“Kalau ada lahannya, misalnya ada hibah dari Pemkot Banjarmasin, maka kami mendukungnya dari sisi penganggaran,” tambahnya.

Ada pun minimal lahan yang harus disediakan sekitar 10 ribu meter persegi atau yang memenuhi standar minimum pendidikan.

Diakuinya peminat SMK di Banjarmasin sangat banyak. 

“Sehingga wajar apabila ada penambahan SMK di Banjarmasin,” katanya.

Sebelumnya, ada usulan pihak Kecamatan Banjarmasin Selatan agar dibangunkan SMK Negeri. Usulan tersebut saat musrenbang di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Hal itu didasarkan karena kawasan Banjarmasin Selatan padat penduduk namun belum memiliki sekolah kejuruan berstatus negeri.

Kecamatan Banjarmasin Selatan satu-satunya kecamatan di Banjarmasin yang belum terbentuk SMK Negeri.

Adanya SMK Negeri dapat mendukung wilayah Banjarmasin Selatan terutama Mantuil yang ditetapkan sebagai kawasan industri terpadu. SMK untuk menyiapkan sumber daya manusia sesuai keterampilannya.

Pihak Kecamatan Banjarmasin Selatan juga mengusulkan dibangunnya poltek sesuai dengan industri yang dikembangkan di kawasan Mantuil.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال