9 Poin Pidato Kaesang Pangarep Usai Resmi Ketum PSI

 

KETUM PSI: Kaesang Pangarep -Foto dok news.detik.com


BORNEOTREND.COM- Kaesang Pangarep resmi menjadi Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu ditetapkan sebagai Ketum PSI beberapa hari setelah menjadi anggota dan mendapat KTA PSI.

Pengukuhan Kaesang sebagai Ketum PSI dilakukan saat Kopdarnas PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023). Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, membacakan surat keputusan (SK) pengangkatan Kaesang. Berikut ini SK yang dibacakan Grace:

Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, memutuskan, menetapkan: Satu, pengangkatan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum DPP PSI periode 2023-2028. Dua, Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya dan dapat ditinjau ulang sesuai AD/ART PSI.

Resmi menjabat Ketum PSI, Kaesang langsung menyampaikan pidatonya di hadapan para kader PSI yang hadir di Djakarta Theater. Ada sejumlah poin yang disampaikan Kaesang. Simak ini poin-poin pidato perdana Kaesang sebagai Ketum PSI:

1. Kaesang Ungkit 200 Organ Relawan Jokowi

Kaesang menyampaikan pidatonya usai ditetapkan sebagai Ketum PSI. Kaesang mengungkit terkait 200 organ relawan Jokowi di pengukuhan dirinya sebagai Ketum PSI.

"Terima kasih atas kehadiran.. kalau di sini tertulisnya 137 organ relawan Pak Jokowi. Tapi tadi saya diinfo katanya sekarang udah 200 ya sekarang.. sekali lagi saya nggak diupdate soalnya," kata Kaesang di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023).

Kaesang lalu menyampaikan terima kasih kepada para relawan yang telah mengantarkan Jokowi menjadi Presiden RI selama dua periode. Ia berharap kesetiaan relawan terhadap Jokowi bisa selamanya.

"Terima kasih buat semua karena sudah mengantar Pak Jokowi sebagai presiden dua periode dan masih setia bersama beliau sampai sekarang dan semoga selamanya," ucapnya.

2. Kaesang Sebut PSI Kapal Besar

Kaesang menjadi Ketum PSI menggantikan Giring Ganesha yang kini sebagai Anggota Dewan Pembina PSI. Kaesang menyebut PSI sebagai kapal besar yang berlayar.

"Kalau disebut kapal besar ya, tapi kita akan menuju ke sana," ujar Kaesang.

Kaesang yakin dengan partai yang dipimpinnya saat ini. Kaesang menyebut tantangan di depan mata PSI dapat ditaklukan.

"Saya yakin dan optimis, arus dan gelombang akan berpihak kepada kita, anak muda," imbuhnya.

3. Ucapan Terima Kasih Kaesang ke Giring

Kaesang semula menyampaikan rasa hormatnya kepada jajaran Dewan Pembina PSI mulai dari Ketua Dewan Pembina Jeffrie Geovanie, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, hingga Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka. Setelahnya, Kaesang menyapa Giring.

"Terima kasih semua pada jajaran Dewan Pembina, terima kasih pada Bro Giring, beliau adalah kawan dan partner yang hebat, lawan bermain game FIFA yang tangguh, walaupun sebenarnya nggak tangguh-tangguh amat sih," seloroh Kaesang.

Kaesang juga menyampaikan terima kasih pada jajaran DPP, DPW, hingga DPD. Dia berterima kasih karena telah diterima sebagai anggota dan dipercaya menjabat sebagai Ketum PSI.

Kaesang optimis arus dan gelombang akan berpihak pada anak muda. Dia juga percaya parpol penting dalam Pilpres dengan dukungan relawan.

"Saya percaya bahwa parpol penting dalam Pilpres namun belum tentu kandidat tersebut menang tanpa dukungan relawan yang bergerak dengan ikhlas tanpa pamrih," ucapnya.

4. Jokowi Inspirasi Kaesang Berpolitik

Kaesang mengungkap alasannya terjun di dunia politik. Dia menyebut sang bapak, yakni Jokowi yang menjadi inspirasi Kaesang untuk masuk partai politik.

"Terus terang saya masuk politik itu ya salah satu inspirasinya ya Bapak saya sendiri," kata Kaesang.

Kesang mengatakan dirinya sangat mencintai dan menghormati Jokowi. Dia ingin mengikuti jejak ayahnya untuk berpolitik demi kebaikan.

"Beliau ini orang yang saya sangat cintai dan saya hormati, saya ingin mengikuti jejak beliau untuk berpolitik untuk kebaikan," kata Kaesang.

Kaesang lantas meminta izin ke Jokowi untuk menempuh jalan yang dipilihnya. Dia lalu berdoa apa yang dilakukannya mendapat keberkahan.

5. Tekad Kaesang Bawa PSI Masuk DPR di 2024

Kaesang Pangarep yakin PSI akan lolos menjadi salah satu partai yang ada di DPR RI lewat Pemilu 2024. Kaesang siap memimpin konsolidasi ke seluruh Nusantara.

Kaesang menjelaskan, dirinya masuk PSI justru karena partai berlambang tangan menggenggam bunga ini masih belum menjadi partai besar. Dia yakin, PSI bakal segera masuk DPR menjadi partai besar.

"Saya justru masuk PSI karena partai ini masih kecil. Saya tertarik gabung PSI karena PSI belum ada di DPR, dan saya ingin berjuang bersama kawan-kawan semua di sini, agar di 2024 PSI menjadi partai besar, dan di 2024 PSI akan ada di DPR RI," tutur Kaesang.

Dia bertanya dari mimbar pidato, apakah semua setuju dengan pernyataannya. Semua menjawab setuju. Kaesang juga bertanya apakah semuanya siap berjuang bersama, dan semuanya menjawab siap dengan suara lantang.

Dia menyebut target untuk PSI. Dia menyasar calon pemilih dari kalangan nasionalis muda dan nasionalis berjiwa muda.

"Target PSI di 2024, seperti saya sampaikan di atas tadi, saya seorang yang optimis, tapi ya nggak usah muluk-muluk. PSI insyaallah lolos parliamentary threshold 4% dan fraksi PSI akan ada di Senayan 2024 nanti," kata dia.

6. Siapa Capres Dukungan PSI?

Kaesang bicara arah dukungan politik PSI untuk bakal capres Pilpres 2024. Siapa capres yang bakal didukung PSI?

"Capres dukungannya PSI siapa, toh? Saya yakin ini semuanya sudah pada nunggu, apalagi tuh media-media di belakang," kata Kaesang.

Kaesang masih 'menggantungkan' arah dukungan PSI untuk bakal capres 2024. Kaesang menunggu publik dan kader PSI sabar menanti arah dukungan PSI.

"Izinkan saya menyampaikan dukungan capres PSI di 2024 adalah... sabar toh sabar," ujar Kaesang disambut tawa dan tepuk tangan kader PSI.

Kaesang mengingatkan kembali pesan ayahnya sekaligus Presiden Jokowi agar tak terburu-buru soal arah dukungan Pilpres 2024.

"Kita tuh pelan-pelan dulu. Ojo kesusu. Beri kami waktu untuk mendengar langsung dan merasakan denyut di akar rumput baru kita tentukan arah kemenangan kita," imbuhnya.

7. Kaesang Santai Dihujat Usai Masuk PSI

Kaesang resmi menjadi Ketum PSI. Kaesang mengungkap dirinya dihujat saat baru menerima kartu tanda anggota (KTA) PSI beberapa waktu lalu.

"Baru saja menerima KTA PSI langsung diserang, dihujat, dihina, saya sih biasa aja. Dosisnya masih rendah, nggak sebanding dituduh PKI, antek China, anti Islam, plonga-plongo, ijazah palsu," ucap Kaesang.

Namun, Kaesang merasa aneh atas keputusannya masuk PSI berdampak pada istrinya yang juga kena hujatan.

"Tapi yang aneh itu dan saya bingung kok istri tercinta kok ikut diserang, wong dia nggak ikut-ikutan kecuali hanya memberi restu dan dukungan buat saya," katanya.

8. Kaesang Ajak Relawan Jokowi Gabung PSI

Kaesang mengajak relawan Jokowi yang belum terafiliasi partai untuk gabung ke PSI. Dia meminta bantuan relawan Jokowi bekerja sama melanjutkan pembangunan yang telah dicapai saat ini.

Kaesang menyinggung pendukung Jokowi sejati yang menginginkan agar pembangunan Jokowi di 5 tahun terakhir dilanjutkan. Oleh karena itu, dia mengajak para relawan Jokowi yang belum terafiliasi partai untuk gabung PSI.

"Mereka juga ada Jokowers sejati yang percaya pembangunan 5 tahun terakhir harus dilanjutkan bahkan harus ditingkatkan. Oleh karena itu, dengan kerendahan hati saya, saya minta bantuan kerja sama dan dukungan para relawan dan pendukung," ujarnya.

"Saya minta ya dukungan para relawan dan pendukung Pak Jokowi yang belum terafiliasi dengan partai tertentu agar menjadikan PSI sebagai rumah perjuangan bersama, rumah yang ramah bagi para nasionalis muda demi Indonesia maju," lanjutnya.

9. Kaesang Ucapkan Terima Kasih ke Istri

Kaesang resmi menjadi Ketum PSI untuk periode 2023-2028. Kaesang pun mengucapkan terima kasih kepada istrinya, Erina Gudono yang juga hadir dalam acara pelantikan itu.

"Terima kasih juga khusus istri tercinta, tanpa restu istri saya, saya tidak akan berdiri di sini, I love you so much," kata Kaesang.

Sumber: news.detik.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال