Batulicin Jadi Kawasan Strategis Nasional Zonasi Perairan

SUSUN MATERI: Pemkab Tanbu menggelar acara penyusunan materi teknis Ruang Perairan Rencana Tata Ruang/Rencana Zonasi Konsultasi Strategis Nasional (RTR/RZ KSN) Kawasan Batulicin – Foto Dok Humas Pemkab Tanbu


BORNEOTREND.COM – Kawasan Batulicin menjadi salah satu dari 28 Kawasan Strategis Nasional zonasi perairan.

“Adapun wilayah rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional (RZ KSN) Kawasan Batulicin, meliputi Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru,” kata Kepala Bidang Tangkap Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Asparani pada acara Penyusunan Materi Teknis Ruang Perairan Rencana Tata Ruang/Rencana Zonasi Konsultasi Strategis Nasional (RTR/RZ KSN) Kawasan Batulicin yang dibuka Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar diwakili oleh Sekretaris Daerah H Ambo Sakka di aula Hotel Ebony Batulicin, belum lama tadi

Asparani mengatakan, proses penyusunan Materi Teknis Ruang Perairan Kawasan Batulicin ini akan mengintegrasikan dan menetapkan dalam Peraturan Presiden tentang Rencana Tata Ruang (RTR) KSN Kawasan Batulicin.

“Kegiatan ini merupakan tahap kedua dari proses ini, setelah sebelumnya terlaksana pengumpulan data dan Focus Group Discussion (FGD) di Kabupaten Kotabaru pada bulan Juni yang lalu, dan kini lanjut di Kabupaten Tanah Bumbu,” terang Asparani pada acara yang dihadiri berbagai pemangku kepentingan dari Pemkab Tanah Bumbu dan Pemkab Kotabaru, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kementerian dan Lembaga terkait, Perguruan Tinggi, Asosiasi, BUMN, Swasta, dan masyarakat baik secara langsung maupun melalui zoom meeting.

Sementara itu, Sekda H Ambo Sakka dalam sambutannya mengatakan, perencanaan zonasi diharapkan akan meningkatkan pengawasan terhadap perairan Kotabaru-Batulicin.

“Sehingga memberikan solusi terbaik untuk penentuan zonasi, terutama di daerah yang mendukung Ibu Kota Nusantara, seperti Tanah Bumbu,” tuturnya.

Sekda Ambo menekankan, pentingnya keputusan yang tetap menjaga kearifan lokal dan menghindari konflik melalui pendekatan persuasif.

“Oleh sebab itu saya atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Tanah Bumbu memberikan apresiasi. Harapanya kegiatan ini, akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan wilayah perairan Kawasan Batulicin dan pemanfaatannya yang berkelanjutan,” ujarnya.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال