Peringatan Harjad ke-497 Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina : Maknai BAIMAN sebagai Cerminan Diri dan Spirit Kolaborasi

SAMBUTAN: Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina saat membuka puncak Harjad Kota Banjarmasin ke-497 Tahun - Foto Dok Kominfo Banjarmasin

BORNEOTREND.COM- Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar Puncak Peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-497 Kota Banjarmasin yang bertemakan "Banjarmasin BAIMAN adalah KITA", Sabtu (23/9/2023) di Panggung Utama Siring Balaikota Banjarmasin.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota H Arifin Noor bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah dan Wakil Ketua Hj Hardiyanti.

Dalam kesempatan itu, H Ibnu Sina memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh stakeholder yang terus mendukung dan terlibat dalam proses pembangunan Kota Banjarmasin selama ini. Baik dari unsur pemerintah, kelembagaan maupun juga masyarakat itu sendiri.

Melalui momentum tersebut, ia mengungkapkan apa yang telah dihasilkan dan dicapai oleh kota Banjarmasin sejauh ini hingga di usia 497 tahunnya merupakan buah kerja keras dari seluruh elemen dan lapisan masyarakat kota Banjarmasin.

Dimana hal itu tercermin lewat tema perayaan hari jadi di tahun ini yakni Banjarmasin BAIMAN Adalah KITA. 

"Melalui spirit kolaborasi, spirit Kayuh Baimbai mari kita wujudkan visi misi Banjarmasin Baiman dan Lebih Bermartabat di tahun ini kita pastikan untuk dituntaskan bersama-sama," ujarnya disela-sela sambutan.


Lebih lanjut, dirinya juga menyebut ada pesan yang coba disampaikan lewat tema hari jadi di tahun ini. Ia ingin agar BAIMAN tidak hanya dimaknai sebagai wujud visi misi, melainkan BAIMAN sebagai cerminan diri untuk saling berkolaborasi dalam membangun kota.

"Banjarmasin Baiman adalah Kita, maka kota ini milik kita semua, kitalah yang merawat, yang menjaga buang jauh-jauh segala bentuk fitnah, perselisihan dan lain sebagainya," ungkapnya.

"Karena seluruh hasil-hasil pembangunan dan pencapaian kota ini, adalah hasil perjuangan kita semuanya. Ini adalah hasil kerja kita semua yang dipersembahkan untuk warga kota, bukan milik seseorang, bukan karena kerja Walikota saja, bukan karena kerja kelompok atau golongan tertentu, tetapi ini adalah hasil kerja kita semua," sambungnya.

Kemudian, dirinya juga menekankan seraya mengutip 2 buah pesan perjuangan dari salah satu Tokoh Pahlawan Banjar, Pangeran Antasari.

"Yang paling ingin ulun tekankan pada hari jadi tahun ini, pertama (Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing) perjuangan pantang menyerah dengan tekad baja sampai akhir titik darah penghabisan kada beunduran, lalu kedua (Jangan Bacakut Papadaan, Lamun kada handak tanah banyu kita dilincai urang) maksudnya jangan saling berselisih paham kalau tidak ingin negeri kita diinjak oleh orang lain," tegasnya.

"Maka dari itu mari maknai, mari kita syukuri, kita ingin merangkul semua pihak bahwa Banjarmasin Baiman adalah Kita," pungkasnya.

Puncak peringatan semakin lengkap dengan hadirnya tamu undangan dari DPR maupun DPD RI, lalu perwakilan Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) beserta Forkopimda, Kepala Daerah Kab/kota se-Kalsel, serta beberapa Pejabat Daerah ataupun yang mewakili dari luar Kalsel. Turut hadir Sekdako Banjarmasin Ikhsan Budiman, unsur Forkopimda, seluruh Pimpinan OPD, Perusda, Perbankan maupun Media yang ada di kota Banjarmasin beserta jajaran.

Sumber: Kominfo Banjarmasin

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال