Usung Misi Kokohkan Persatuan, FORKAMU Gandeng Walhi dan GP Anshor Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

 

RAMAI: Pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh FORKAMU bersama Walhi dan GP Anshor Banjarbaru - Foto Dok H Faidur

BORNEOTREND.COM- Pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW disetiap bulan Rabiulawal merupakan suatu tradisi yang sudah turun temurun dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan dari Forum Pedagang Kaki Lima Lapangan Murjani (FOR-KAMU) yang berada di bawah binaan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalsel bersama dengan Gerakan Pemuda Ansor Banjarbaru, dan Pondok Pesantren Yatim Piatu Raudhatun Nasyi'in menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (21/9/2023) malam lalu di Lapangan dr. Murdjani Banjarbaru, Kalsel.

Misdar Hasan selaku Ketua Pelaksana kegiatan menjelaskan, tujuan pelaksanaan Maulid Nabi di lapangan dr. Murdjani merupakan bentuk rasa syukur mereka karena diberikan kesempatan untuk mencari nafkah dan berjualan di kawasan tersebut.

"Alhamdulillah selama ini kami sudah diberikan kesempatan untuk bisa berjualan dengan nyaman di kawasan lapangan dr. Murdjani," ungkapnya.

 

Dirinya menambahkan dengan pelaksanaan peringatan keagamaan seperti ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat dan pedangan kaki lima lainnya untuk terus meningkatkan persatuan, kesatuan dan kepedulian terhadap semua makhluk.

"Sesuai dengan tema yang kami usung bersama yakni (Persatuan dan Kepedulian), kami ingin masyarakat Banjarbaru pada umumnya terlebih bagi sesama PKL untuk bisa terus menjaga dan merawat kekompakan yang selama ini sudah terjalin," ujarnya. 

Sementara itu, Kadisporabudpar Kota Banjarbaru Yani Makkie mengungkapkan jika acara seperti ini patut dilaksanakan setiap tahun dengan skala yang lebih besar. Mengingat momentum ini mampu menyatukan pedagang.

"Saya yakin dengan Kekompakan FOR-KAMU yang sangat terlihat jelas nantinya kawan-kawan bisa lebih besar lagi dalam melaksanakan kegiatan seperti ini," bebernya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota memberikan apresiasi luar biasa atas terlaksananya kegiatan keagamaan yang menggabungkan berbagai unsur elemen sebagai wujud persatuan yang ada di Kota Banjarbaru.

Selanjutnya Direktur Eksekutif Walhi Kalsel Kisworo Dwi Cahyono menuturkan kegiatan keagamaan seperti ini bukanlah yang pertama kali dilaksanakan oleh FOR-KAMU.

"Sebelumnya kami bersama kawan-kawan pedagang sudah sering melakukan hal seperti ini baik di Sekertariat Walhi ataupun di Lapangan dr. Murdjani," tuturnya. 

Cak Kis sapaan akrab Kisworo menerangkan dalam pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi pihaknya menghadirkan tiga penceramah, yakni pengasuh kajian Islam FOR-KAMU Ust. Khairullah Zain, Pimpinan Ponpes Radhatun Nasyi'in Ust. Hendry Admaja, S.Hi, dan Ketua PC GP Ansor Banjarbaru dr. Muhammad Toriq Nawawi, M.Pdi.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال