DPRD Dorong Peningkatan Minat Baca di Kaltim

 

WAWANCARA: Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi - Foto Dok Arief

BORNEOTREND.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan dorongan kuat untuk meningkatkan minat baca masyarakat, sebagai respons terhadap minimnya budaya literasi yang masih mendominasi masyarakat Kaltim.

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi mendorong peningkatan minat baca di kalangan penduduk Kaltim. Ia secara tegas menyoroti masalah literasi yang masih berada pada tingkat rendah di daerah ini. Reza menyatakan, 

"Apalagi tingkat literasi kita di Kaltim khususnya masih rendah," ujarnya. 


Dalam konteks ini, dirinya menjelaskan betapa pentingnya minat masyarakat untuk membaca, terutama dalam pemahaman sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia. Menurutnya, pemahaman yang mendalam terhadap sejarah adalah kunci untuk mengetahui bagaimana proses kemerdekaan negara ini terwujud.

"Sangat penting agar proses sejarah yang panjang ini dapat dipahami dengan baik. Untuk itu, peningkatan budaya literasi menjadi sangat relevan," katanya.

Selanjutnya dirinya juga meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim untuk memberikan dukungan yang lebih besar dalam upaya meningkatkan literasi. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan menyediakan ruang baca di area publik, memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat untuk membaca.

"Mengembangkan minat baca tidak hanya sebatas buku fisik, tetapi juga melalui media digital seperti ponsel atau aplikasi baca," pungkasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال