Hanya Berikan Garansi Rangka 5 Tahun Untuk Motor Matic, Ini Jawaban Menohok Dari STSJ Yamaha!

DISKUSI: Servis Manajer PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) Yamaha Kalselteng Muhammad Yandi – Foto Dok Arief 

BORNEOTREND.COM- Permasalahan rangka motor beberapa waktu ini cukup menjadi tren di masyarakat, setelah munculnya kasus kerusakan rangka di beberapa varian motor oleh salah satu pabrikan motor terbesar di Indonesia.

Merespon hal itu, sejumlah pabrikan motor lainnya, salah satunya Yamaha, langsung bereaksi dengan memberikan garansi rangka motor untuk jenis matic hingga 5 tahun. Hal ini tentunya agar konsumen setia Yamaha tidak ragu dan yakin bahwa produk yang mereka beli tidak sama dengan kompetitor lain yang sempat dikeluhkan kualitas rangkanya oleh masyarakat.

Lantas mengapa Yamaha hanya mengeluarkan garansi rangka motornya hanya untuk jenis matic? Bagaimana dengan garansi rangka untuk motor Yamaha selain matic?

Servis Manajer PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) Yamaha Kalselteng Muhammad Yandi mengatakan, untuk menjawab pertanyaan tesebut dirinya akan lebih dulu menjelaskan bahwa Yamaha sendiri memiliki 4 jenis rangka yang dipakai di seluruh motor yang diproduksinya.

“Khusus untuk rangka Under Bone dipakai disemua jenis motor Matic Yamaha. Lalu untuk Delta Box dipakai di motor V-Ixion, R-15, MT 15 dan XSR 155. Sedangkan untuk Diamond dipakai untuk R-25 dan MT-25. Terakhir untuk Semi Doble Cradle dipakai untuk WR-155,” ungkapnya saat sosialisasi terkait rangka Yamaha digelar dengan melibatkan puluhan wartawan dan mitra kerja belum lama tadi di Kota Banjarmasin.


Kesemua jenis rangka tersebut tentunya diproses secara detail dan dibantu dengan teknologi super canggih. Hal ini tentunya membuat rangka motor Yamaha proses pengecatannya sempurna tanpa pori-pori, las rapih karena menggunakan robot sehingga pengelasan kuat dan kokoh, hingga membuat drainase di rangka motor menjadi optimal dan tidak membuat air mengendap.

Tidak hanya itu untuk memastikan rangka motor memang kuat dan siap dipasarkan ke masyarakat, pabrikan Yamaha juga melakukan pengetesan painting dengan disemprot air garam sampai 240 jam. Selain itu ada juga uji kekuatan pengelasan di setiap produksinya.

“Nah khusus untuk jenis motor selain matic, pengecetan rangkanya kita lakukan lebih dari 1 kali. Lalu pengerjaan lainnya kita perhatikan lebih detail lagi. Jadi sebenarnya pengerjaan rangka selain motor matic itu lebih baik yang ujungnya tentunya kekuatan rangkanya pasti lebih kuat,” tegasnya.

Karena itulah sekali lagi dirinya menjelaskan masyarakat tidak perlu khawatir dengan kekuatan rangka motor Yamaha diluar jenis motor matic.

“Kita juga masih zero claim untuk soal rangka ini. Kalau pun ada itu lebih kepada kesalahan konsumen sendiri dalam penggunaannya. Kalau kesalahan karena buruknya kualitas rangka kami sama sekali belum ada," timpalnya lagi.

Selain itu karena bagusnya kualitas rangka tadi penjualan motor Yamaha terus mengalami perkembangan signifikan, bahkan sudah mencapai 20 juta unit pada tahun 2023 ini.

"Motor Yamaha pabrikan Indonesia ini tidak dipakai didalam negeri saja, tapi juga di ekspor ke 45 negara di 5 benua, seperti Jepang, Amerika Serikat, serta negara-negara di Eropa, Asia, Afrika, dan Australia," bebernya.


BERGAYA: Dhony Erwanto bersama motor Yamaha WR 155R saat melakukan aktivitas berburu di hutan – Foto Dok Arief


Atas pernyataan tersebut, salah satu pengguna Yamaha WR 155R Dhony mengaku lega. Dirinya pun makin yakin tentunya menggunakan motor Yamaha selain jenis matic.

Sejauh ini diakuinya juga sejak membeli motor Yamaha WR 155R pada Februari 2022 lalu dan aktif bermain terabasan di berbagai tempat, dirinya belum pernah mendapati motornya bermasalah dari sisi rangka.

“Masih nyaman dan aman rangkanya, tidak ada masalah. Padahal motor ini sudah saya bawa ke berbagai medan terabasan yang cukup ekstrem dan menantang,” tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال