Banjir Karang Bintang Sudah Surut

PERAHU KARET: Personel BPBD Tanbu menggunakan perahu karet ketika memantau banjir di Kecamatan Karang Bintang, belum lama tadi – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Banjir yang melanda Desa Karang Bintang, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu kini sudah surut. Bahkan, warga Desa Selaselilau, Kecamatan Karang Bintang yang tadinya mengungsi sudah pulang ke rumahnya.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, Sulhadi mengatakan, sebelumnya banjir melanda Kecamatan Karang Bintang hari Jumat (2/2/2024) lalu.

Untuk wilayah yang terdampak yakni Desa Selaselilau di RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 04. Kemudian, Desa Bintang Makmur di RT 01, RT 02 dan RT 03 serta Desa Karang Bintang di RT 04, RT 05 dan RT 06.

“Penyebab banjir adalah meluapnya sungai di Karang Bintang akibat kiriman air dari hulu sungai Mantewe,” kata Sulhadi.

Kalak BPBD mengatakan, meluapnya air sungai ini menyebabkan air merendam permukaan jalan dan rumah serta mengakibatkan beberapa rumah dan perkebunan warga terendam.

Sulhadi mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak desa, kecamatan, TNI/Polri serta Puskesmas Karang Bintang untuk memantau dan mendata korban yang terdampak banjir.

Kemudian, pihaknya juga telah Mengevakuasi warga terdampak banjir bersama Basarnas, aparat desa, warga dan pihak kecamatan.

“Kami juga membuat posko induk banjir, menyerahkan kebutuhan logistik untuk dapur umum, dan mengevakuasi ternak warga ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Sulhadi menjelaskan, untuk penanganan banjir pihaknya mengerahkan sarana dan prasarana berupa 1 unit mobil rescue, 1 unit mobil Triton serta 2 unit mobil ambulans Desa dan Puskesmas.

“Berikutnya, 2 buah perahu karet, 1 buah perahu poliettilan, 4 buah dayung perahu, 10 buah lifejacket dan 1 unit mobil dapur umum dari Dinas Sosial,” pungkasnya.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال