Hari Pertama Bertugas, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Langsung Kunjungi PBNU

SOWAN: Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto bersama Ketua Umum PBNU, Kiai Yahya Cholil Staquf di Gedung PBNU Kramat Raya - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM, JAKARTA– Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk membicarakan situasi pasca-Pemilu 2024, Kamis (22/2/2024) Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

"PBNU ini adalah organisasi kemasyarakatan yang sangat besar yang berfalsafah keagamaan mulai dari struktural sampai dengan kultural. Oleh sebab itu, memiliki peran yang besar untuk memberikan kontribusi terhadap situasi yang kondusif seperti saat ini pasca-Pileg, Pilpres, tanggal 14 Februari 2024," ungkapnya.


Hadi menjelaskan, dalam pertemuan hari ini antara dirinya dan Ketum PBNU, Kiai Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) banyak berbincang situasi tenang seusai gelaran pesta demokrasi beberapa waktu lalu.

Dirinya berharap, kondisi tenang tersebut harus terus dipertahankan.

"Sebagai anak bangsa, untuk menjaga kondisi ini dan beliau Gus Yahya sangat setuju dan sangat mendukung, sehingga seluruh proses pembangunan yang sedang berjalan ini bisa berjalan dengan baik dan bisa langsung dirasakan oleh masyarakat dan insyaallah dengan hubungan kita semua maka kondisi yang saat ini sangat kondusif ini terus akan terjadi," ucapnya.

Hadi meyakini PBNU sebagai ormas besar memiliki kekuatan memberikan rasa tenang kepada masyarakat. Imbauan-imbauan tersebut, menurutnya, bisa disampaikan melalui acara maupun kegiatan-kegiatan rutin NU.

"Kita menggunakan kegiatan-kegiatan itu untuk mengajak masyarakat agar hatinya tenang, kondisi aman, senyum, tidak gontok-gontokan, kan ini sifat bangsa Indonesia seperti itu," jelasnya.

Dirinya menyampaikan, dalam waktu dekat, dirinya akan sowan ke sejumlah tokoh agama selain PBNU untuk berkoordinasi menjaga situasi di masyarakat aman dan tenteram.

"Berikutnya saya juga koordinasi dengan seluruh tokoh agama, besok saya ke Yogya, nanti siang saya ke senior saya Pak Mahfud Md," ujarnya.

Sementara itu, Gus Yahya merasa terhormat lantaran PBNU menjadi yang pertama disinggahi Hadi setelah dilantik menjadi Menko Polhukam. Gus Yahya mengaku siap bekerja bersama mempertahankan situasi kondusif.

"Persis sehari dilantik, langsung berkunjung ke PBNU. Tadi kami diskusi mengenai apa yang disampaikan Bapak Hadi tadi, insyaallah kami mampu menjaga keadaan yang sudah kondusif keadaan masyarakat ini supaya semua untuk memenuhi hajat untuk mengatasi masalah-masalah dan rekan-rekan PBNU siap kerja sama dan upayakan dalam jaga kondusivitas," tuturnya.

Sumber: news.detik.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال