Hujan Masih Akan Melanda, BPBD Kapuas Beri Sejumlah Saran Terkait Distribusi Logistik Pemilu 2024

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga – Foto Dok Ist


 
BORNEOTREND.COM, KALTENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, bertempat di Aula Rujab Bupati Kapuas, Sabtu (3/2/2024).

Dalam Rakor terungkap hujan dengan itensitas tinggi masih akan terjadi hingga akhir Februari 2024 berdasarkan prakiraan Badan Meteoroligi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berpotensi merusak logistik Pemilu.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga yang turut hadir dalam rapat ikut kemudian memberikan saran terkait pendistribusian logistik Pemilu 2024.

"Untuk itu kami menyarankan agar pendistribusian logistik pemilu ke daerah mempertimbangkan risiko rusak terkena air hujan atau banjir, karena hampir seluruh logistik Pemilu tidak tahan air," kata Panahatan Sinaga.

BPBD Kapuas, lanjutnya, juga menyarankan penyimpanan logistik Pemilu untuk memperhatikan lokasi yang aman dari bencana banjir atau mencari lokasi yang tinggi. 

"Untuk lokasi tempat pemungutan suara (TPS) saran kami agar ditempatkan di lokasi yang aman dari banjir dan cuaca ekstrim," ucapnya.

Panahatan Sinaga juga menyarankan agar KPU dan jajaran juga perlu mempersiapkan lokasi alternatif TPS untuk mengantisipasi banjir pada saat hari H pencoblosan.

"Kami sudah sampaikan di hadapan forum Rakor tadi. Kami BPBD siap berkoordinasi dan menjalankan suksesnya Pemilu yang aman dan damai," pungkasnya.

Penulis: Gus

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال