Real Count Update: PPP Lolos Ambang Batas Parlemen

LOGO: Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah melebihi parliamentary threshold 4 persen dalam Pemilu 2024 - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, JAKARTA– Hasil sementara real count Pemilu 2024 yang dilakukan KPU menyatakan perolehan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah melebihi ambang batas parlemen atau parliamentary threshold 4 persen.

Merujuk Sirekap KPU per Kamis (22/2) pukul 14.00 WIB dengan data masuk 61.36 persen, PPP memperoleh 2.807.799 atau 4,05 persen suara.

Dengan demikian, PPP berpotensi lolos ke parlemen lantaran perolehan suara nasional mereka sudah lebih dari 4 persen. Sejauh ini KPU juga belum selesai melakukan penghitungan atau rekapitulasi.

Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, ada syarat perolehan suara nasional bagi partai untuk mendapat kursi DPR RI. Diatur dalam Pasal 414 Ayat (1) yang berbunyi sebagai berikut.

"Partai Politik Peserta Pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4% (empat persen) dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPR."


Sementara itu, tepat di bawah PPP, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masih bertahan di angka 2.55 persen dengan perolehan suara 1.766.896.

Partai yang dinahkodai oleh Putra Presiden RI, Joko Widodo tersebut belum mencapai ambang batas syarat untuk lolos ke parlemen pada Pemilu 2024.

Sumber: cnnindonesia.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال