Rusdin Barhiwan Sampaikan 4 Poin Penting Pemilu 2024

Anggota DPRD Kabupaten Balangan, Rusdin Barhiwan – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 segera dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 ini.

Menanggapi hal ini, anggota DPRD Kabupaten Balangan, Rusdin Barhiwan menyebutkan, ada 4 poin penting yang perlu dilaksanakan oleh penyelenggara Pemilu agar pesta demokrasi berjalan dengan sesuai rencana.

Yang pertama yakni perlunya keadilan dalam proses Pemilihan Umum. 

“Pemilihan umum harus memberikan kesempatan yang adil bagi semua calon dan partai politik untuk bertarung secara jujur tanpa adanya diskriminasi atau intervensi dari pihak manapun,” ujarnya.

Selanjutnya poin yang kedua adalah transparansi, dimana seluruh proses pemilihan umum harus transparan dan dilakukan dengan integritas tinggi.

“Ini perlu dilakukan untuk memastikan kepercayaan masyarakat terhadap hasil Pemilu,” sebutnya.

Yang ketiga, tambahnya, adalah pencegahan terhadap pelanggaran pemilu. Menurutnya penting untuk mengawasi dan mencegah berbagai bentuk pelanggaran pemilu, seperti politik uang, intimidasi, atau penyebaran informasi yang tendensius.

Terakhir yakni perlunya partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum.

Oleh karena itu, ujarnya, masyarakat perlu diberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya partisipasi aktif dalam proses pemilihan umum sebagai bentuk dukungan terhadap keadilan dan kejujuran.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال