Even Karya Inovatif, Seni dan Keterampilan Mahasiswa 2024 di FKIP ULM BJM Sukses Digelar

RAMAI: Pengunjung memadati even gelar Karya Inovatif, Seni dan Keterampilan Mahasiswa 2024, Sabtu (25/5/2024) di Lapangan Tumpang Lima FKIP ULM Banjarmasin - Foto Dok Lita

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menggelar acara Gelar Karya Inovatif, Seni dan Keterampilan Mahasiswa 2024 yang berlangsung meriah, Sabtu (25/5/2024) di Lapangan Tumpang Lima FKIP ULM Banjarmasin. 

Sebelumnya para mahasiswa melakukan perkuliahan pertemuan hingga 15 kali untuk membuat proposal sampai pelaksanaan kegiatan. Lalu hari ini adalah presentasi atau publikasi hasil hasil karya mahasiswa yang sebelumnya telah mereka laporkan.

"Dikegiatan ini peserta melakukan banyak hal, mulai dari melatih anak panti membuat sasirangan, membimbing anak sekolah SMP dan SMA membuat mading. Ada juga mereka membantu UMKM dalam pembuatan produk dan mereka membantu membuat kemasannya" ucap perwakilan panitia kegiatan Dr. Hidayah Ansori, M.Si.


Acara yang bertujuan untuk menampilkan hasil karya inovatif mahasiswa ini dihadiri oleh ratusan pengunjung, termasuk para akademisi, industri, dan masyarakat umum.

"Semua kegiatan ini tujuannya guna melakukan pembelajaran memberikan pembelajaran kepada mahasiswa, agar mereka bisa menemukan masalah, mengelola masalah, menentukan penyelesaiannya dan membuat tindak lanjut dari masalah itu itu sendiri," tambahnya.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Kalbar dalam pembuatan Tote Bag, yang terinspirasi dari banyaknya masyarakat menggunakan limbah plastik yang sangat sulit terurai. Ada pun solusi yang mereka tawarkan yaitu mengganti penggunaan plastik dengan Tote Bag yang dapat digunakan berulang kali sebagai upaya mengurangi limbah plastik.

"Sudah banyak penggunaan plastik, jadi kami mengganti plastik belanja itu dengan menggunakan tote bag. Kemudian pembuatannya kita buat dengan bahan alami yang ramah lingkungan lalu kita warna dengan kanvas yang warnanya juga memakai berbagai jenis tumbuhan," timpal Ayu Lestari dari Kelompok 2.

Dijelaskannya juga dalam pembuatan karya Tote Bag ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari pengerjaan. Dari pembuatan warnanya itu sehari, proses pewaranaanya satu hari, hingga penjemurannya butuh satu hari.

"Terakhir dalam kegiatan ini mahasiswa akan membuat tugas akhir untuk Program Pendidikan Profesi Guru atau PPG," tukas Dr. Hidayah Ansori, M.Si.

Penulis Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال