Gandeng PLN UIP3B Kalimantan, PWI Kalsel Siap Gelar UKW Pada Juni 2024 Mendatang

 

SAMBUTAN: Manajer Komunikasi dan TJSL PT PLN UIP3B Kalimantan Sulistya Aji Wibowo saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pra UKW PWI Kalsel yang digelar, Kamis (30/5/2024) pada Aula Gedung PWI Kalsel di Banjarmasin - Foto Dok Arief 

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Berkolaborasi dengan PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXII untuk 36 wartawan pada Juni 2024 mendatang.

Sebelum pelaksanaan UKW, kegiatan terlebih dahulu dimulai dengan Pra UKW yang digelar, Kamis (30/5/2024) pada Aula Gedung PWI Kalsel di Banjarmasin.

Disela kegiatan, Ketua PWI Provinsi Kalsel Zainal Helmie menegaskan pentingnya persiapan matang bagi wartawan yang akan mengikuti UKW kali ini. 

Menurut dia selain mempersiapkan peralatan dan keahlian untuk mengisi soal, perilaku yang sesuai dengan standar wartawan juga sangat penting. 

"Para wartawan harus berpakaian rapi dan berperilaku baik selama mengikuti UKW. Hal ini merupakan bagian dari memenuhi persyaratan uji kompetensi," jelasnya.


Dirinya juga menegaskan pentingnya kedisiplinan waktu, karena setiap Penguji memiliki kebijakan yang berbeda terkait keterlambatan. 

"Saya masih memberi toleransi keterlambatan maksimal 15 menit, lebih dari itu peserta dianggap mengundurkan diri," tambahnya.

Selain itu dirinya juga menerangkan bahwa selain keahlian dalam menulis berita, para wartawan juga harus memahami tata krama, etika, kode etik jurnalistik, Undang Undang Ramah Anak, dan Undang Undang Pers sebelum mengikuti UKW. 

"Saya berharap semua wartawan yang mengikuti UKW angkatan XXII bisa lulus 100 persen, seperti yang terjadi di Solo. UKW kali ini diikuti oleh total enam kelas, dengan rincian tiga kelas muda, dua kelas madya, dan satu kelas utama," timpalnya lagi.

Sementara itu, Manajer Komunikasi dan TJSL PT PLN UIP3B Kalimantan Sulistya Aji Wibowo mengatakan, kegiatan kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen dalam mendukung peningkatan kompetensi wartawan di Kalimantan. 

"UKW ini sejalan dengan program inisiatif berkelanjutan pemerintah. Oleh sebab itu PLN memberikan dukungan bagi wartawan di Kalsel untuk meningkatkan kompetensinya. Agar ke depan bisa menghasilkan berita yang akurat, akuntabel dan berimbang," bebernya.

Dirinya menerangkan, ini merupakan tahun kedua PLN memberikan dukungan bagi wartawan di Kalimantan Selatan untuk mengikuti UKW. Selain itu pada tahun 2024 dukungan ini diperluas dukungannya, mencakup pelaksanaan UKW di seluruh PWI di Kalimantan. Mulai dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. 

"Peran media sangat penting bagi PLN.  Salah satunya memberikan informasi aktual, akurat, terpercaya dan terkini, termasuk terkait dengan isu-isu di PLN. Peran media sangat penting dan menjadi salah satu stakeholder di PLN," pungkasnya.

Sumber: Rilis

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال