Jika Dipercaya Pimpin Batola, Hasan Ismail Ingin Transformasi Sektor Pertanian

 

DISKUSI: Hasan Ismail saat menghadiri kegiatan diskusi publik yang digagas oleh Batola Zilenial bersama BEM KM UMBJM - Foto Dok Lita

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Bakal Calon Pemimpin Kabupaten Barito Kuala (Batola) Dr. Apt Hasan Ismail, S,Far, MM menegaskan, pentingnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batola untuk melakukan transformasi pada sektor pertaniannya agar daerah tersebut makin maju kedepannya.

Hal itu disampaikannya saat menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Bincang-Bincang Kabupaten Batola yang mengambil tema “Peran generasi muda dalam politik membangun masa depan Kabupaten Batola dengan memilih pemimpin yang progresif” yang diselenggarakan oleh Batola Zilenial bersama BEM KM UMBJM, Jumat (17/5/2024) lalu di Universiatas Muhammadiyah Banjarmasin.

"Batola ini kan seperti kita ketahui bersama merupakan salah satu penyangga pangan utama di wilayah Kalsel. Namun agar dampaknya dapat dirasakan oleh Kabupaten dan masyarakat, sektor pertanian yang ada saat ini harus dilakukan transformasi," tegasnya.


Transformasi yang dimaksud meliputi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertani hingga melakukan modernisasi pada alat-alat pertanian yang dimiliki petani.

"Ini penting agar petani kita mampu meningkatkan produktifitasnya sekaligus dapat menyesuaikan dengan kondisi perubahan iklim yang ada saat ini," tambahnya.

Tidak hanya itu, masalah infrastruktur, permodalan maupun asuransi pertanian juga harus menjadi perhatian Pemkab Batola di sektor pertanian. Selain itu ketersediaan pupuk juga harus menjadi hal penting lainnya yang perlu diperhatikan.

"Kita juga perlu mendorong hilirisasi kepada para petani, supaya mereka tidak hanya berfikir untuk produksi namun mampu membuat produk tersendiri yang bernilai lebih tinggi," timpalnya lagi.

Jika Hal tersebut bisa dilakukan, dirinya optimis Kabupaten Batola dapat semakin maju kedepannya.

"Karena itulah jika nantinya dipercaya masyarakat, transformasi sektor Pertanian di Kabupaten Batola akan menjadi fokus utama kami," tukasnya.

Penulis: Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال