Ketua DPRD Kalteng Minta BPBD Kabupaten Hingga Kota Responsif Menangani Bencana Banjir

 

WAWANCARA: Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno (kanan) - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Wiyatno, meminta kepada Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten untuk meningkatkan respon mereka dalam penanganan bencana banjir. 

Legislator dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menekankan pentingnya peran BPBD dalam mengelola dan merespons bencana alam, terutama banjir, yang semakin sering terjadi di beberapa wilayah kabupaten di Kalteng.

Wiyatno mengakui bahwa BPBD telah melakukan banyak upaya dalam merencanakan dan mengimplementasikan tindakan pencegahan dan mitigasi bencana, tetapi ia percaya bahwa lebih banyak perbaikan perlu dilakukan untuk memastikan bahwa mereka sepenuhnya siap menghadapi situasi darurat.

"Saya menekankan bahwa BPBD harus lebih proaktif dalam mengidentifikasi dan menangani risiko potensial, serta lebih responsif dalam mengkoordinasikan upaya penyelamatan dan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana," katanya, Selasa, (28/5/2024).


Selain itu, Wiyatno juga menekankan pentingnya peran masyarakat dalam penanganan bencana, dan meminta BPBD untuk lebih aktif dalam mengedukasi dan melibatkan masyarakat dalam program pencegahan dan mitigasi bencana.

"Saya percaya bahwa dengan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, BPBD dapat lebih efektif dalam mengimplementasikan tindakan pencegahan dan mitigasi bencana, serta lebih siap menghadapi situasi darurat," pungkasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال