Paman Birin-Ketua KPU RI Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2024

 

RAMAI: Even peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel yang diselenggarakan, Senin (27/5/2024) lalu di Lapangan DR. Murjani Banjarbaru - Foto Dok Lita


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy’ari resmi meluncurkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel yang diselenggarakan, Senin (27/5/2024) lalu di Lapangan DR. Murjani Banjarbaru.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyampaikan, bahwa pesta demokrasi harus dibarengi dengan kegembiraan. 

“Pilkada adalah pesta demokrasi, mestinya membawa kegembiraan, betul apa betul? Sehingga pelaksanaan pemilu harus dengan suasana gembira,” ungkap Paman Birin penuh semangat.


Dirinya juga menilai bahwa pelaksanaan pemilu jika digelar dengan penuh suka cita, maka akan melahirkan pemimpin yang juga membawa kegembiraan.

“Bapak dan ibu sekalian, warga Kalsel yang ulun banggakan. Pemimpin adalah rakyat dan rakyat adalah pemimpin, maka tidak ada pemimpin tanpa rakyat. Tidak terjadi pemimpin tanpa pilihan rakyat,” serunya.

Dalam kesempatan ini dirinya pun menitip pesan agar masyarakat turut berpartisipasi dalam mengawal demokrasi di Indonesia, khususnya di Kalsel.

"Keterlibatan masyarakat membuat kontestasi Pemilu semakin terjaga dengan baik," katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel Andi Tenri Sompa mengenalkan single pemilu ‘Ayo Memilih’ dan sebuah Maskot Si Botan.

“Pada malam berbahagia ini, Alhamdulillah kita diberi sehat untuk melaksanakan hajat. Semoga, Allah memberikan pemimpin terbaik untuk daerah kita. Malam ini, kita akan meluncurkan single dan maskot,” bebernya.

Dirinya menyampaikan, keterlibatan semua pihak sangat menentukan kontestasi pemilu akan datang. Sejak bulan Mei, dia mengatakan bahwa rekrutmen telah dilakukan sebanyak 780 orang sebagai petugas PPK di 13 Kabupaten/Kota.

“Kita bersyukur, berjalan dengan lancar. Insyallah, bulan November mendatang juga akan disukseskan. Mudah-mudahan mendapat pemimpin daerah terbaik,” tutupnya.

Dilain pihak, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengungkapkan bahwa keberhasilan pemilu di bulan kemarin maka jadi modal untuk menyongsong Pilkada 2024 akan datang. Ia mengatakan, pemilu akan dimulai sejak 27 November.

“Malam ini dalam rangka silahturahmi sekaligus peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tahun 2024. Bulan kemarin pada Februari lalu, pemilu berjalan dengan lancar, termasuk di Kalsel. Ini sebagai modal untuk menyongsong Pilkada akan datang,” tambahnya.

Dirinya juga mengajak partisipasinya warga untuk terlibat penuh dalam pemilihan nanti. Dengan mencoblos, menurutnya suara demokrasinya akan terwakilkan dengan baik untuk menentukan pemimpin daerah.

“KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota nanti akan mendatangi rumah bapak dan ibu sekalian. Untuk pemukhtahiran data dan penyusunan daftar pemilih,” timpalnya.

Terakhir dirinya berharap, warga Kalsel dapat terlibat aktif dalam partisipasinya untuk penyusunan data tersebut. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta pemilihan walikota dan bupati serentak di daerah.

Acara pada malam ini dihibur oleh band tanah air, yaitu Armada Band dan Fourtwnty, grub musik indie asal Indonesia. Sebelum guest star tampil, band pembuka yakni Bigboss membawakan 10 lagu.

Secara bergantian kedua band membawa lagu hits masing-masing. Ribuan penonton yang hadir pun kompak bernyanyi bersama.

Penulis: Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال