Sekda Tanbu Bersama Tokoh Ulama dan Adat Ziarahi Makam Pejuang Syiar Islam Kaltim

ZIARAH: Sekda Tanbu dan rombongan melakukan ziarah ke makam pejuang syiar Islam Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) H Ambo Sakka bersama tokoh ulama dan adat melakukan ziarah ke makam pejuang syiar Islam Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam rangkaian studi tiru ke pondok pesantren ke provinsi tetangga ini.

Ziarah bermula di Kabupaten Tanah Bumbu sendiri yakni ke makam Syekh Muhammad Arsyad bin As’ad kota Pagatan. Kemudian dilanjutkan ke makam Syarif Ahmad Alaydrus Batulicin seraya menghampiri makam KH Ahmad Dahlan Cantung Kabupaten Kotabaru.

Hari Jumat (24/05/2024) di Provinsi Kaltim, rombongan mulai ziarah ke makam Sayid Muhammad Bin Sayid Sholeh Tenggarong Kutai Kartanegara.

Kegiatan ziarah berlanjut ke makam raja Kukar dan ulama Kutai Kartanegara di Tenggarong yang dibimbing Habib Abdullah bin Tohir.

Di tempat itu, rombongan sekaligus menghampiri makam Adji Mohammad Sulaiman sebagai Sultan ke-17 sekaligus makam Sayid Muhammad bin Sayid Saleh yang makamnya berdampingan.

Masih di Kutai Kartanegara, ziarah dilanjutkan ke makam Syech Abu Tolhah bin Mufti HM As’ad, di mana tokoh syiar Islam yang satu ini merupakan keluarga dekat dari Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari atau yang dikenal dengan Datu Kelampaian Martapura Kalimantan Selatan.

Ziarah dilanjutkan ke makam Habib Hasan Alaydrus mesjid Jami At-Taqwa serta makam Syarifah Maryam bin Abdullah Alaydrus Keramat Pulau Tukung Balikpapan.

Kemudian sepulang menuju Tanah Bumbu akan disempatkan ke makam Habib Sayid Hamid yang bergelar Pengeran Syarif Hamid bin Ahmad Assegaf, Raja Muda Paser Tanah Grogot serta Habib Ali bin Hamid Assegaf Paser Grogot.

Di sela ziarah, Sekda mengambil hikmah dari kegiatan ini dan perlu dijadikan inspirasi bagi Tanah Bumbu mengingat di Bumi Bersujud tak kalah memiliki makam-makam para tokoh ulama.

“Kita berharap kegiatan ini jadi contoh untuk mengelola sejumlah makam pejuang syiar Islam di tempat kita secara lebih baik,” tutupnya.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال