BPBD Balangan Latih Aparat dan Warga Desa Pematang Tentang Mitigasi Bencana Daerah Rawan dan Berisiko

PADAMKAN API: Personel BPBD Balangan melatih ibu-ibu untuk memadamkan api dari kompor yang meledak – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan menggelar Pelatihan Mitigasi Bencana Daerah Rawan dan Berisiko di Desa Pematang, Kecamatan Awayan. 

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Jumaidil Hairi, mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkat kapasitas SDM masyarakat  dalam melibatkan diri pada kegiatan penanggulangan bencana khususnya yang terletak di kawasan rawan bencana agar mampu menerapkan pengurangan risiko bencana jika sewaktu waktu terjadi bencana. 

"Tujuannya adalah memberikan pemahaman kepada kelompok masyarakat tentang risiko bencana yang sewaktu-waktu dapat mengancam warganya. Selain itu dapat meningkatkan keterlibatan dan peran serta relawan pada kegiatan pelatihan penanggulangan bencana sesuai dengan standar operasional pelaksanaan jenis bencana yang sering terjadi di daerah tersebut," ujarnya dalam kegiatan yang diikuti oleh aparat desa dan perwakilan masyarakat. 

Sasaran pelaksanaan kegiatan pelatihan diperuntukkan bagi kawasan rawan bencana dan mempunyai tingkat ancaman bencana tinggi. 

Peserta kegiatan pelatihan tersebut tidak hanya dari masyarakat namun juga semua unsur pentahelix ikut terlibat dalam penanganan bencana.

Seperti diketahui Mitigasi adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencana.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال