Bupati Kotabaru Hadiri Panen Padi Sawah di Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur

 

PANEN: Kegiatan panen padi sawah bersama Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar beserta jajaran, Selasa (11/6/2024) di Desa Berangas, Kecamatan Pulau Laut Timur - Foto Dok Kominfo Kotabaru


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kotabaru menyelenggarakan kegiatan panen padi sawah bersama Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar, Selasa (11/6/2024) di Desa Berangas, Kecamatan Pulau Laut Timur.

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan mutu intensifikasi (agrobisnis padi sawah) seluas 100 hektar di 5 titik lokasi. 

Kegiatan dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Asisten, Forkopimda, Ketua PKK dan camat. Selain itu kehadiran kelompoko tani berkat usaha mandiri dan kepala desa pulau laut timur juga turun hadir. Mereka berkumpul untuk mendukung gerakan ini dan berpartisipasi dalam panen padi sawah,ini adalah bukti nyata dari kerjasama antara pemerintah dan masyarakat.

Disela kegiatan, Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar mengatakan, rasa syukur dan bangga kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani berkat usaha mandiri desa berangas serta kepada semua unsur yang terlibat didalamnya atas kerja keras, dedikasi dan kerja samanha sehingga panen padi hari ini dapat terlaksana lancar.

Dengan harapan kegiatan panen padi ini diharapkannya dapat memotivasi seluruh petani, masyarakat dan jajaran pertanian untuk lebih terpacu dalam melakukan aktivitas meningkatkan produksi dan produktivitas usaha tani pertanian khususnya padi, dalam rangka mewujudkan masyarakat Kotabaru yang semakin mandiri dan sejahtera dibidang agrobisnis.

“Harapan saya panen raya kelompok tani berkat usaha mandiri bisa mencapai 6,5 ton per hektar sekali panen. Melihat dari tempat-tempat lain yang ada di Kotabaru juga ada yang lebih maju seperti di pembelacanan bisa panen 11 ton per hektar, sehingga ini merupakan tugas untuk dinas ketahanan pangan dan pertanian agar kelompok tani yang ada sekarang lebih di dorong untuk bercocok tanamnya lebih banyak lagi kedepannya," jelasnya.


Dirinya juga meminta dinas terkait untuk melakukan perbaikan irigasi untuk mendukung sektor pertanian, mengingat disini mempunyai mata air sendiri.

"Supaya tidak sulit walaupun musim kemarau tetap bisa masih untuk bercocok tanam karena mempunyai mata air tersendiri di seratak” tukasnya.

Sumber: Kominfo Kotabaru

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال