Dandim 1001/HSU-Balangan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

INSPEKTUR UPACARA: Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan saat menjadi inspektur upacara peringatan hari lahir Pancasila – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Balangan, Sabtu (1/6/2024).

Upacara kali ini dipimpin langsung oleh  Komandan Kodim (Dandim) 1001/HSU-Balangan Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan dan dihadiri jajaran TNI/Polri, Forkopimda, ASN dilinglungan Pemkab Balangan, Ormas, guru, mahasiswa/pelajar serta pihak terlait lainnya.

Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan saat menyampaikan sambutan Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan, nilai-nilai Pancasila harus kita tanamkam ke dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi, dan semangat gotong royong, keberagaman yang ada merupakan berkah yang dirajut dalam identitas nasional yakni Bhineka Tunggal Ika," kutipnya.

Dandim meminta Pancasila harus kita jiwai dan dipedomani, agar  menjadi sebuah ediologi yang berkerja, selain regulasi yang berlandaskan pada semangat juang dan jiwa Pancasila, kita perlu ketauladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

"Melalui peringatan hari Pancasila ini, semangat gotong royong dapat dirajut melalui persatuan dan kesatuan, untuk Indonesia yang lebih maju, adil dan makmur," ujarnya.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila ini dihadiri pula Kapolres Balangan AKBP Riza Mutaqqin, Kajari Balangan Fajar Gurindro dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Balangan.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال