Masuk Bursa Bakal Cawabup, Ketua DPRD Syairi Mukhlis Mengaku Dapat Restu dari DPC PDIP Kotabaru

Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Syairi Mukhlis – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Syairi Mukhlis masuk dalam bursa bakal calon wakil bupati (cawabup) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru 2024.

Menanggapi hal ini, Syairi mengklaim telah mengantongi restu dari DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kotabaru. Ia pun sudah siap apabila harus meninggalkan kursi ketua dewan yang saat ini didudukinya.

"Partai mendukung penuh saya untuk maju di Pilkada 2024 sebagai wakil bupati," katanya.

Berdasarkan hasil Pemilu 2024 lalu, Syairi sukses terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Kotabaru untuk ketiga kalinya. 

Legislator ini berpotensi kembali menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru periode 2024-2029 dengan modal suara terbanyak.

Tak ayal ada sebagian pendukungnya yang menyayangkan jika ia benar-benar harus melepaskan jabatan itu. Secara pribadi Syairi pun mengakui sebenarnya cukup berat untuk mengambil keputusan tersebut.

"Tapi di balik itu ada yang harus kita pikirkan untuk Kotabaru secara luas," ucapnya. 

Di sisi lain, dorongan keluarga, tokoh masyarakat, hingga partai membuatnya mantap untuk menapaki karir politik yang lebih tinggi.

Ditambah lagi sebagai putra asli Kotabaru daratan, ia merasa suara masyarakat di kawasan itu perlu disuarakan. 

Kendati ada perbedaan tupoksi antara legislatif dengan eksekutif, Syairi merasa cukup memahami kondisi pemerintahan. Dengan menjadi kepala daerah, maka ia pun bisa ikut merumuskan visi misi dan program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kalau DPRD fungsinya hanya budgeting, pengawasan, dan legislasi, sedangkan visi misi dan program adanya di pemerintah daerah," tambahnya.

Sebelumnya nama Syairi mencuat saat fotonya bersama Andi Rudi Latif ramai terpampang di jalan maupun media sosial.

Andi Rudi Latif yang saat ini menjabat Wakil Bupati Kotabaru berencana maju sebagai calon bupati. 

Belakangan keduanya tampak sudah pecah kongsi setelah Andi Rudi Latif diisukan menyeberang ke Kabupaten Tanah Bumbu.

Kini rumornya Syairi akan berpasangan dengan Wakil Bupati Tanbu M Rusli yang berniat meramaikan Pemilihan Bupati Kotabaru.

Penulis: Nazat Fitriah

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال