Penutupan TMMD ke-120 di Desa Sungai Karias, Kasdam Mulawarman Apresiasi Kodim 1001/HSU-Balangan Selesaikan TMMD

SERAHKAN KUNCI: Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana menyerahkan secara simbolis kunci rumah kepada warga yang rumahnya menjadi target rehab rumah tidak layak dalam kegiatan TMMD ke-120 di Desa Sungai Karias – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana secara resmi menutup Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-120 di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah, Hulu Sungai Utara (HSU) di Lapangan Pahlawan Amuntai, Jumat (7/6/2024).

Pada kesempatan ini, Kasdam mengapresiasi jajaran Kodim 1001/HSU-Balangan karena melakukan tugasnya dengan baik menyelesaika kegiatan TMMD.

Brigjen TNI Bayu Permanana mengatakan, kegiatan TMMD ini merupakan kegiatan fisik dan kegiatan tambahan non fisik, mulai dari pembangunan jalan, rehab atau pembangunan posyandu, rehab gudang benih dan sarana lainnya.

"Dari serangkaian kegiatan ini, kita berharap dari TNI dapat terus dilanjutkan, pada hari ini kita melakukan cek pengerasan jalan dan besok sudah mulai dilakukan pengaspalan jalan. Kita berharap dari hasil kegiatan ini masyarakat bisa merasakan manfaat," beber Jenderal bintang satu kepada awak media.

Bayu menjelaskan, kegiatan TMMD bukan hanya mengerjakan fisik, tetapi juga aksi sosial kemasyarakatan seperti, penyuluhan narkoba, bahaya terorisme yang ada di wilayah HSU, sehingga manfaatnya bisa dirasakan bagi masyarakat.

“Kita berharap melalui kegiatan ini TNI dapat terus bersinergi dengan masyarakat beserta pihak terkait lainnya,” ujarnya.

Pada hari ini, kata Brigjen TNI Bayu Permana, pihaknya juga juga melaksanakan kegiatan pasar murah untuk membantu warga.

“Kami berharap dukungan dari pemerintah daerah juga melaksanakan pasar-pasar murah lainnya sehingga masyarakat dapat terbantu dengan situasi ekonomi sekarang ini,” katanya.

Berdasarkan hasil evaluasi di lapangan, tambahnya, TMMD yang dilaksanakan di Desa Sungai Karias Kecamatan Amuntai Tengah, HSU dapat terselenggara dengan lancar, dengan hasil yang memuaskan.

"Saya sampaikan di kesempatan ini untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh Satgas TMMD di jajaran Kodam VI/Mulawarman yang telah mewujudkan pencapaian target yang sesuai dengan rencana, beserta waktu yang telah ditetapkan," ucapnya.

Sementara itu, Komandam Kodim 1001/HSU-Balangan Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan mengungkapkan, program TMMD ke-120 telah merampungkan sejumlah pekerjaan fisik, salah satunya yakni pembangunan jalan.

"Jalan yang dibangun dengan panjang 1.090 meter, hamparan atau pengurukan sirtu dengan panjang 545 meter, lebar 5 meter dan tinggi 20 Cm, ditambah pembangunan posyandu, rehab rumah tidak layak huni 1 unit, rehab gudang padi, 1 unit, dan rehab MCK sebanyak 7 unit," jelas Komandan Kodim 1001/HSU-Balangan.

Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan menambahkan, kegiatan TMMD ke-120 ini dilaksanakan sejak 8 Mei hingga 6 Juni 2024, dengan kegiatan sasaran fisik dan non fisik, dengan mengerahkan 150 orang personel.

"Kita juga membuatkan fasilitas sarana air bersih layak konsumsi, bagi masyarakat, kemudiam juga ada pemasangan aliran listrik untuk yang kurang mampu, dan sejumlah kegiatan lainnya," terangnya.

Sebelum mengakhiri sesi wawancara, Komandan Kodim 1001/HSU-Balangan mengucap syukur seluruh sasaran kegiatan TMMD ke-120 oleh Kodim 1001 HSU-Balangan berjalan sesuai rencana dan tepat waktu.

"Semoga segala yangg sudah dikerjakan bisa dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, agar kerja satgas TMMD bisa dinikmati masyarakat," kata Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan.

Terpisah, salah seorang pembeli di pasar murah, merasa sangat senang dengan adanya kegiatan pasar murah ini karena sangat membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah.

"Untuk pak TNI terima kasih, bahan keperluan yang dibeli di pasar murah memang sangat terjangkau, untuk 2 kilogram gula pasir dan 2 liter minyak goreng di patok dengan harga Rp 50 ribu, sedangkan harga pasar senilai Rp 70 ribu, jadi selisih harga Rp 20 ribu, dan pas untuk isi kantong masyarakat kecil," beber Hamdanah warga Kelurahan Antasari kepada Borneo Trend   di Lapangan Pahlawan Amuntai.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال