Puluhan Perajin Kain Sasirangan Pamerkan Karyanya Di Lomba Desain Motif Kain Sasirangan

 

LIHAT DESAIN: Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama isteri saat melihat berbagai karya desain kain sasirangan di Siring Menara Pandang Banjarmasin - Foto Dok Arum

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Puluhan perajin kain sasirangan pamerkan karyanya di Siring Menara Pandang Banjarmasin.

Kegiatan ini merupakan rangkaian lomba desain motif kain sasirangan. Lomba desain tersebut merupakan rangkaian dari Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-8, dengan mengusung tema 'pesona seribu sungai'.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina membuka lomba sekaligus meninjau langsung hasil karya para perajin yang dipamerkan di Siring Menara Pandang mengaku takjub dengan desain yang dibuat.

"Sekilas kita lihat karya-karyanya bagus-bagus semua," ucap Ibnu Sina, Senin (24/6/2024).


Sementara penilaian lomba tersebut dilakukan dewan juri profesional di bidangnya masing-masing seperti desainer, budayawan dan perajin.

Nantinya, karya perajin yang menang dalam lomba ini akan digunakan sebagai seragam di momentum perhelatan Kongres Jaring Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di bulan September mendatang.

"Juga akan digunakan pada Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 498 tahun. Akan dipromosikan lagi di lomba tingkat provinsi Kalsel.Tentunya ini sebagai apresiasi," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar menyebutkan, ada dua kategori dalam perlombaan motif kain sasirangan.

"Dua kategori lomba yang kita gelar yakni motif pewarna tekstil dan motif pewarna alami," bebernya.

Sekitar 47 peserta yang ikut lomba lanjut Tezar, 32 peserta mengikuti lomba pewarna tekstil dan 15 peserta lainnya lomba pewarna alam.

Di masing-masing kategori lomba nanti akan keluar enam pemenang dengan nilai tertinggi dari penilaian juri. mulai dari tingkat kerapian, tingkat kesulitan dan desain bisa diaplikasikan dalam sebuah pakaian.

"Di tanggal 28 Juni nanti dilaksanakan grand final dan akan diumumkan 29 Juni dibarengkan dengan pemilihan putra putri sasirangan," tuturnya.

Untuk hadiah yang diperebutkan tambahnya Rp33 juta untuk 12 pemenang yang terdiri enam pemenang di pewarna tekstil dan enam pemenang lainnya pada pewarna alami.

Penulis: Arum

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال