Sejumlah Jalan Rusak di Balangan Akan di Perbaiki Tahun 2025, Jalan Garuda Maharram akan Dibuat Menjadi Dua Jalur

 

RUSAK: Ruas jalan Garuda Maharram - Muara Pitap dekat RSUD Datu Kandang Haji yang kondisinya memprihatinkan bakal diperbaiki - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Kondisi Jalan Garuda Maharram di Kota Paringin, Kabupaten Balangan cukup memprihatinkan.

Jalan ini merupakan akses satu-satunya yang dilewati armada raksasa dengan berat muatan di atas sepuluh ton, lantaran jembatan Paringin yang tidak bisa dilewati.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan saat ini memang melarang angkutan bermuatan, truk dan bus untuk melintasi pusat Kota Paringin.

Hal ini dilakukan untuk penataan pusat Kota Paringin sekaligus menjaga agar infrastruktur di pusat kota lebih terjaga.

Banyak titik kerusakan timbul di jalan kabupaten tersebut dan sering membuat armada besar amblas dan mengalami kecelakaan.

Juni, salah satu warga sekitar mengatakan kondisi jalan semakin parah saat turun hujan.

Ditambah akses berliku dan banyak tanjakan, membuat air mudah tergenang di beberapa titik.

"Kalo bisa secepatnya diperbaiki atau dilakukan tindakan, supaya tidak makin parah, karena jalan itu juga sering orang lewati kalau mau ke RSUD Datu Kandang Haji dan Kediaman Bupati," ujarnya.


Keinginan warga itu direspon oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Balangan Rina Ariyani.

Rina mengatakan pihaknya sudah mencanangkan program perbaikan jalan di tahun 2025 mendatang.

Program ini bukan hanya menyasar Jalan Garuda Maharram - Muara Pitap, tapi juga sejumlah ruas jalan lain.

Diantaranya ruas jalan dari Desa Nungka Sampai ke Desa Sungsum, ruas jalan Desa Lingsir sampai ke Desa Bungin, serta ruas jalan Desa Banua Hanyar sampai ke Desa Mantimin.

"Khusus untuk ruas jalan Garuda Maharram dekat Rumah sakit Rumah Sakit Umum (RSUD) Datu Kandang Haji, nantinya akan dibuat jalur dua arah, menyambung jalur yang sudah ada," kata Rina, Rabu (12/6/2024).

Terkait ruas jalan Desa Nungka, kecamatan Awayan, Rina mengakui sejatinya sudah pernah diperbaiki di anggaran tahun 2021.

Akan tetapi, hanya sampai di dekat Bendungan Pitap, rencananya perbaikan akan kembali dilakukan dengan pengerjaan yang lebih menyeluruh.

"Tepatnya di dekat orang jualan es tebu, dekat Bendungan Pitap,  pengerjaan akan kita lanjutkan sampai ke Desa Sungsum dengan tipe aspal dan ada juga sedikit cor," tutupnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال