Tim Mulai Seleksi KIM Terbaik Tingkat Provinsi Kalsel

 

FOTO BERSAMA: Tim Seleksi KIM saat melakukan seleksi KIM terbaik tingkat Provinsi Kalsel - Foto Dok Lita

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel mulai melakukan seleksi bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk mengikuti Kompetisi Tingkat Nasional KIM, Kamis (20/6/2024) di Aula DisKominfo Provinsi Kalsel.

Pada tahapan seleksi ini, para peserta akan diminta untuk membuat presentasi dan video profil sepanjang 1 menit. Penilaian KIM Tingkat Provensi Kalsel kali ini dinilai langsung oleh Ketua Diskominfo M. Muslimin, Perwakilan Dinas PMD Kalsel Andie Putra Pratama hingga Pimpinan Umum Duta TV Dr. Syaifudin.

“Sebanyak 7 finalis dari KIM hari ini kita nilai. Apa yang di presentasikan menggabarkan bagaimana masyarkat kita sudah sadar akan Informasi Itu. Jadi mereka mengola Informasi itu untuk menggali potensi daerah hingga desanya masing-masing. Untuk di sampaikan kemasyarakat dan menggunakan informasi itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa” ucap Syaifudin salah satu juri KIM. 


Dalam seleksi tingkat Nasional yang akan di selenggarakan di Makasar Pada tanggal 9 hingga 11 Agustus 2024. Provensi Kalsel sendiri melakukan seleksi 35 Tim hingga menjadi 7 tim dari 11 Kabupaten dan 2 Kota diantaranya :

  • KIM Jika Maka (Kabupaten Tabalong)
  • KIM Kunang-kunang (Kabupaten Tabalong)
  • KIM Tiwingan Lama (Kabupaten Banjar)
  • KIM Racah Mampulang (Kabupaten Balangan)
  • KIM Karang Rejo (Kabupaten Tanah Laut)
  • KIM Banyu Irang (Kabupaten Tanah Laut)
  • KIM Tirta Jaya (Kabupaten Tanah Laut)


“7 Finalis yang sudah kita lihat ada 2 faktor penilaian. Pertama melihat potensi desa secara keseluruhan. Kedua mereka yang memberikan kreasi untuk meningkatkat pengetahuan dan wawasan masyarakat desa. Dua hal ini menjadi pertimbangan kita untuk penilaian KIM. Sejauh ini semua finalis ini memenuhi harapat kita, tinggal memilih salah satu untuk mewakili Provinsi Kalsel untuk maju tingkat Nasional” tukasnya.

Sekedar diketahui, KIM yang mengikuti Tingakat Nasinoal memahami eksitensi KIM. mereka bisa menggali potensi yang ada di desanya, memetakan kebutuhan masyakarat akan informasi dan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Penulis: Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال