Tingkatkan Kualitas Sasirangan, Kampung Jelujur Tematik Banjarmasin Diresmikan

 

LETAKKAN BATU PERTAMA: Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi isteri saat meresmikan Kampung Tematik Jelujur Sasirangan Pertama di Kawasan Alalak, Sabtu (29/6/2024) di Kelurahan Alalak Utara - Foto Dok Arum

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, meresmikan Kampung Tematik Jelujur Sasirangan Pertama di Kawasan Alalak, Sabtu (29/6/2024) di Kelurahan Alalak Utara. 

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan apresiasi dan penghormatan kepada seluruh warga, khususnya para ibu-ibu yang berprofesi sebagai penjelujur kain Sasirangan di kawasan tersebut.

Ia menekankan pentingnya peran para penjelujur dalam mempertahankan kualitas dan keaslian kain Sasirangan.

Apalagi Kota Banjarmasin sudah mendapatkan sertifikat indikasi geografis yang berasal dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Sehingga tidak ada yang bisa menggugat atau klaim sepihak tentang asal muasal Sasirangan selain Kalsel.

"Tapi ada satu hal yang dilupakan, kain Sasirangan tidak akan jadi kain Sasirangan tanpa tukang menjelujur," ujarnya.


Agar lanjutnya dapat meningkatkan kualitas dan daya saing kain Sasirangan dari Kalsel serta memberikan penghargaan yang layak kepada para penjelujur yang telah bekerja keras mempertahankan warisan budaya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor, bahwa dengan diresmikannya kampung jelujur bisa meningkatkan perekonomian masyarakat terutama bagi para penjelujur.

"Mudah-mudahan ini bisa memberikan manfaat bagi warga kota," ungkapnya.

Ia pun berharap dengan adanya Kampung Jelujur bisa lebih mempertahankan keasrian dari kain sasirangan yang dibuat langsung.

Penulis: Arum

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال