TRC BPBD Kota Palangka Raya Berhasil Padamkan Karhutla di Jalan Karya Hapakat

 

KERJA: TRC BPBD Kota Palangka Raya saat memadamkan Karhutla yang terjadi di Jalan Karya Hapakat, Kota Palangka Raya, Rabu (26/6/2024) - Foto Dok mediacenter.palangkaraya.go.id

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Jalan Karya Hapakat, Kota Palangka Raya, Rabu (26/6/2024).

Dipimpin langsung oleh Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Palangka Raya Hendrikus Satria Budi, tim TRC BPBD Kota Palangka Raya berhasil mengatasi api yang membakar lahan seluas 3,14 hektar.

Kebakaran ini pertama kali terdeteksi oleh tim patroli Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada pukul 15.35 WIB yang kemudian melaporkanmnya ke Posko TRC BPBD Kota Palangka Raya.

Setelah menerima laporan, tim TRC BPBD segera bergegas ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Dengan kerja sama dan koordinasi yang baik, api berhasil dipadamkan pukul 17.30 WIB sebelum menyebar lebih luas dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah di wilayah sekitar.

Hendrikus Satria Budi menyampaikan apresiasinya kepada tim TRC dan pihak terkait atas respons cepat dan kerja sama yang baik dalam menghadapi kebakaran ini.

“Kami juga berterima kasih kepada tim patroli Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah atas deteksi dini mereka, serta semua pihak yang telah membantu dalam upaya pemadaman kebakaran ini,” ujarnya.


Selain itu, Hendrikus juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran lahan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan menjaga lingkungan agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan,” tambahnya.

Selain Itu pihaknya juga mengimbau apabila menemukan kejadian serupa agar dapat segera melaporkannya ke BPBD Kota Palangka Raya sebagai bentuk komitmen Pemerintah dalam melindungi lingkungan dan masyarakat dari ancaman kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di wilayah tersebut.

Sumber: mediacenter.palangkaraya.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال