BPN Balangan Target Selesaikan 6.950 Sertifikat Tanah Untuk Tahun 2024

BERI KETERANGAN: Kepala BPN Kabupaten Balangan, Rismiati Marisa SH MKn memberikan keterangan kepada wartawan terkait target penyelesaikan 6.950 sertifikat tanah program PTSL tahun 2024 – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Balangan berhasil memenuhi target progam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tahun 2023 lalu dengan menyerahkan sekitar 6.000 sertifikat. 

Pada tahun 2024 ini, BPN Balangan kembali menargetkan 6.950 sertifikat tanah bisa diselesaikan pada program PTSL.

Kepala BPN Kabupaten Balangan, Rismiati Marisa SH MKn mengatakan, untuk tahap pertama pihaknya akan menerbitkan sebanyak 4.601 sertifikat tanah PTSL yang merata di 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan.

“Saat ini kami sudah menyelesaikan sebanyak 1.000 sertifikat tanah yang terbagi di 8 kecamatan,” ungkapnya.

Selain menyerahkan sertifikat kepada masyarakat, BPN Balangan juga melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa menguatkan bukti kepemilikan tanah melalui sertifikat dan menyampaikan beberapa prosedur persyarakat yang harus dilengkapi untuk pembuatan sertifikat tersebut.

Lebih lanjut, Marisa menyebutkan, program PTSL ini sangat memudahkan masyarakat karena selain gratis, seluruh pelayanan juga akan dilaksanakan oleh BPN Kabupaten Balangan, seperti pengukuran dan penerbitan sertifikat sementara warga hanya menyediakan secara mandiri untuk pemberkasan seperti biaya fotocopy dan materai. 

“Masyarakat yang ingin mengikuti program PTSL bisa langsung berkoordinasi dengan aparat desa masing- masing. Persyaratan yang dibutuhkan merupakan bukti kepemilikan tanah seperti segel dan untuk proses persyaratan pertanahan Kabupaten Balangan juga melakukan sosialisasi ke masyarakat," ujarnya. 

Marisa optimis target yang diberikan untuk menerbitkan 6.950 sertifikat selama satu tahun bisa diselesaikan karena biasanya dilakukan dalam dua tahap.

“Saya berharap program PTSL 2024 bisa terealisasi sesuai harapan dan masyarakat mau mengikuti program yang telah kami sosialisasikan tersebut,” katanya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال