Bupati Balangan Buka MTQ Nasional ke-17 Tingkat Kabupaten di Kecamatan Halong

POTONG PITA: Bupati Balangan, Abdul Hadi didampingi istri memotong pita sebagai tanda pembukaan secara resmi pelaksanaan MTQ ke-17 tingkat Kabupaten Balangan di Kecamatan Halong – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Bupati Balangan, Abdul Hadi membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-17 tingkat Kabupaten Balangan yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Bray Jaya Halong, depan Kantor Camat Halong, Jumat (19/7/2024). 

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan pelaksanaan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur’an dan menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat.

“Semoga Balangan banyak mencetak anak-anak penghafal Al-Qur'an dan menjadi keberkahan untuk Kabupaten Balangan,” harapnya.

Bupati mengatakan, Al-Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman yang selalu aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal sejalan dengan fitrah manusia yang hanif.

Abdul Hadi menuturkan dalam menjalankan perintah Al-Qur’an maka harus patut bahkan harus meneledani pribadi Nabi Muhammad SAW, yaitu kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Qur’an.

“Dalam MTQ ini juga nantinya akan tampil penghafal Al-Qur’an terbaik Bumi Sanggam, yaitu generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul,” tuturnya.

Untuk itu, Abdul Hadi mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah kecamatan dan masyarakat Kecamatan Halong atas keramahan, kehangatan dan antusiasme dalam menyambut penyelenggaraan MTQ Nasional ke-17 tingkat Kabupaten Balangan. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Camat Halong, Rahmadi  mengatakan, kegiatan MTQ ini bakal dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 19 hingga 21 Agustus 2024.

“Untuk tempat kita bagi, antara lain Musabaqah Tilawatil Qur’an di lapangan sepak bola, tartil dan tahfidz satu juz dan lima juz di Mesjid Halong, tahfidz 10 juz, 20 juz dan 30 juz di Mesjid Binjai Punggal, Qira'at di Langgar Riyadhul Salihin, fahmil Qur’an di SDN Halong 2, syarhil di MI Al Ikhlas Binjai Punggal, makalah atau karya ilmiah di SMA 1 Halong, khattil di SM N 1 Halong, tafsir Qur’an di Langgar Ujung Pandang," jelasnya.

Rahmadi berharap dukungan dari berbagai pihak agar pelaksanaan MTQ ini dapat berjalan lancar dan sukses.

"Tujuan utama dari kegiatan MTQ ini merupakan ajang seleksi di tingkat kabupaten, yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat provinsi," ujarnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال