DPRD Tanbu Terima LPj APBD Tahun 2023

HADIRI RAPAT: Sekretaris Daerah Kabupaten Tanbu H Ambo Sakka menghadiri rapat paripurna pengambilan keputusan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) APBD tahun Anggaran 2023 – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - DPRD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) APBD tahun Anggaran 2023 di ruang paripurna DPRD Tanbu, Senin (8/7/2024).

Dalam rapat tersebut, seluruh Fraksi DPRD Tanbu melalui pandangan menerima LPj APBD tahun 2023, yang ditandai dengan penandatangan antara pihak Legislatif dan Eksekutif melalui Bupati Tanah Bumbu yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tanbu H Ambo Sakka.

Ambo Sakka atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan penghargaan serta terima kasih kepada seluruh pimpinan maupun seluruh anggota Fraksi yang menerima LPj APBD tahun 2023.

“Perlu diketahui ketidakhadiran Bupati tentu berkaitan dengan penerimaan LHP BPK tahun 2023 yang mana hal tersebut sudah dilaksanakan sesuai aturan perundangan-undangan yang berlaku,” kata Sekda

Dia menguraikan, pada pelaksanaan APBD tahun 2023, Pemerintah Daerah telah mengukir banyak prestasi di antaranya di tahun 2023 itu Tanah Bumbu dinyatakan zero atau nol kemiskinan ekstrem.

“Jadi angka kemiskinan di tuhun 2024 dianggap nol. Hal itu ditandai dengan penerimaan langsung dari Presiden yang diserahkan Wakil Presiden di Istana Negara Jakarta,” ungkapnya.

Terkait pengangguran sempat disebutkan bahwa kasus itu dianggap berkurang secara signifikan. Namun persoalan yang dihadapi sekarang adalah stunting, meski sempat mengalami pengurangan. Namun setelah ada rilis dari Kementerian ternyata stunting Tanah Bumbu di tahun 2024 telah mengalami kenaikan.

“Itu perlu kerja keras kami untuk melihat kembali faktor mana yang menyebabkan kenaikan stunting tersebut,” ungkapnya.

Sekda mengatakan, secara umum untuk pembangunan fisik seperti jalan penghubung antara desa dengan desa dan desa dengan Kecamatan serta Kecamatan dengan Kabupaten sudah dilaksanakan dengan baik, meskipun ada beberapa yang akan diselesaikan tahun ini.

“Ada beberapa pembangunan fisik yang memang dianggap sangat mendesak. Hal tersebut juga kita laksanakan dan di tahun 2024 ini ada yang beberapa multiyears. Itupun juga bisa diselesaikan di tahun anggaran 2024 ini,” pungkasnya.

Rapat paripurna di pimpin oleh Wakil Ketua DPRD Tanbu Harmanudin serta dihadiri oleh sejumlah pimpinan SKPD dan perwakilan Forkopimda.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال