Kembangkan Pariwisata Daerah, Pemkab Balangan Bangun Sejumlah Fasilitas Penunjang Objek Wisata

AIR TERJUN BATARIUS: Bupati Balangan H Abdul Hadi mengunjungi langsung air terjun Batarius beberapa waktu lalu – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Pemerintah Kabupaten Balangan melalui anggaran di Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) membangun sejumlah fasilitas penunjang pariwisata.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan di Disporapar Balangan, Taufiqurrahman menjelaskan, fasilitas penunjang pariwisata dibangun agar pariwisata di Bumi Sanggam terus berkembang.

"Untuk fasilitas yang dibangu antara lain rest di Wisata Taman Bunga Mekar Sari dan Sawang, tempat parkir di Wisata Racah Mampulang, mushalla di lokasi wisata Maranting dan Mamigang serta Homestay Desa Gunung Batu untuk wisatawan yang bermalam di Wisata Maranting," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, fasilitas lain yang dibangun adalah pembuatan spot foto di Goa Gunung Batu dan Sungai Maranting serta pembangunan Gazebo di lokasi wisata Maranting, Taman Bunga Mekar Sari, Goa Gunung Batu, Batu Ajung, Racah Mampulang, Kandang Jaya dan Mamigang.

“Kemudian menara air dan perlengkapannya dibangun Desa Ajung dan Desa Gunung Batu. Juga dibangun fasilitas MCK di wisata Taman Bunga Mekar Sari, Batu Ajung, Sawang, Racah Mampulang dan Camp Ground Liyu,” ungkapnya.

Untuk kawasan Desa Wisata Liyu, dilaksanakan pembangunan Gerbang Desa Wisata Liyu dan sekretariat pokdarwis Desa Liyu. Selain itu ada juga dibangun teras Glamping di Bahan Desa Liyu. 

Pemkab Balangan juga melaksanakan pembangunan Jalan Ruuk-Sawang pada tahun 2023 sepanjang 2,5 km untuk mempermudah akses ke obyek wisata Air Terjun Batarius.

"Pembangunan jalan ini dilanjutkan lagi pada tahun 2024 dengan anggaran pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,” tuntasnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال