Kepala Dinas PUPR Barsel Hadiri Kuliah Umum Pascasarjana UGM Yogyakarta

Kepala Dinas PUPR Barsel, Dr Ita Minarni ST MT – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Dr Ita Minarni ST MT ikut menghadiri kuliah umum yang diselenggarakan oleh Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di Aula Bappeda Kabupaten Barito Selatan, Rabu (17/7/2024).

Acara yang mengusung tema “Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan di Era Otonomi Daerah” ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, termasuk kepala desa se-Barito Selatan dan perwakilan dari berbagai instansi.

Kehadiran para pejabat tersebut menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan kebijakan di tingkat daerah, guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Usai kegiatan, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Barito Selatan, Dr Ita Minarni ST MT memberikan pandangannya terkait tema kuliah umum tersebut.

“Kepemimpinan dan inovasi kebijakan merupakan kunci utama dalam menghadapi tantangan pembangunan di era otonomi daerah. Kami di Dinas PUPR selalu berupaya untuk menerapkan kebijakan yang inovatif dan efektif dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Ita sepakat kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk institusi pendidikan seperti UGM sangat penting dalam menciptakan solusi-solusi yang tepat guna dan berkelanjutan.

“Kerjasama ini membantu kami dalam mengembangkan kebijakan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas layanan publik,” tambahnya.

Ita mengharapkan kolaborasi ini dapat memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan institusi pendidikan dalam menciptakan kebijakan yang inovatif dan efektif.

Hal ini, ujarnya, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia.

Ita menilai, acara kuliah umum ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antara para akademisi dan praktisi pemerintahan, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Barito Selatan dan daerah-daerah lainnya.

Untuk diketahui, kuliah umum ini menghadirkan narasumber Profesor Dr Agus Heruanto Hadna, Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen dan Kebijakan Publik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM. 

Dalam paparannya, Profesor Agus membahas berbagai tantangan dan peluang dalam penerapan kebijakan inovatif di era otonomi daerah, serta pentingnya kepemimpinan yang adaptif dan visioner.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan Dr H Deddy Winarwan SSTP MSi dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan institusi pendidikan tinggi dalam menciptakan kebijakan yang inovatif dan berkelanjutan.

Dia juga mengapresiasi peran aktif UGM dalam mendukung pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال