Ketua PWI Barsel Jadi Narasumber Sosialisasi Pengawasan Pemilu

NARASUMBER: Ketua PWI Barsel saat memberikan materi saat menjadi narasumber dalam sosialisasi pengawasan Pemilu – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Julius M Sinaga menjadi narasumber dalam sosialisasi pengawasan Pemilu, terkait pemuktahiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam menghadapi Pemilihan Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barsel.

Dalam sosialisasi yang dihadiri peserta dari Polres Barsel, Kodim 1012/BTK, perwakilan partai politik, pemuka agama, mahasiswa serta siswa SMA dan SMK, hingga unsur lapisan masyarakat lainnya tersebut, Julius mengatakan, pers berperan penting dalam menyukseskan gelaran pemilihan umum 2024 mendatang.

Peran itu, lanjut dia, antara lain sebagai penyebar informasi serta turut serta dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu  yang adil transparan, serta berintegritas melalui pemberitaan yang bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik.

"Peran Pers sangat penting pada Pemilu tahun 2024, karena pers sebagai pilar keempat demokrasi tentu juga punya tanggung jawab yang besar demi suksesnya pemilihan umum 2024 mendatang. PWI Kabupaten Barsel juga berkomitmen untuk turut serta dalam memberikan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat melalui pemberitaan yang berimbang sesuai kode etik jurnalis," katanya.

Julius kemudian menekankan tenteng pentingnya pemberitaan media massa dalam menjaga Pemilu agar proses pemilihan kepemimpinan di lembaga Eksekutif serta Legislatif terselenggara dengan baik, karena pers melalui produk Jurnalistiknya sangat penting sebagai jembatan informasi dan kontrol sosial.

Bahkan, jelasnya, di zaman serba modern, serba digital, juga menjadi celah informasi yang menyesatkan memasuki tahun Pemilu.

“Peran media pers berperan sangat penting sebagai peyampai informasi yang akurat, sekaligus penangkal berita hoaks yang biasanya masif tersebar saat Pemilu berlangsung, maka dari itu PWI Barsel berkomiten mendukung suksesnya Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Barsel," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Barsel, Suwarsono mengatakan, sosialisasi ini dilaksankan untuk memastikan agar hak pilih masyarakat dapat terjaga dalam memilih pemimpin daerah sesuai aspirasi.

"Proses pemutakhiran dan penyusunan data pemilih harus diawasi karena pemutakhiran dan penyusunan data pemilih yang baik akan memberikan dampak yang sangat besar kepada terjaganya hak pilih bahkan pemutakhiran dan penyusunan data pemilih yang baik nantinya oleh KPU akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap atau DPT. Itu akan mempengaruhi terhadap proses pelaksanaan pembentukan TPS, proses pelaksanaan percetakan surat suara dan lainnya," ucap Suwarsono.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال