KPU Ajak Insan Pers Ikut Sukseskan Pelaksanaan Pilkada Kalsel 2024

 

DISKUSI: Kegiatan diskusi dengan tema Peran Media Massa Dalam Pilkada 2024 yang digelar oleh Kesbangpol Kalsel, Selasa (9/7/2024) di Hotel POP Banjarmasin.

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Agar pesta Demokrasi di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada November 2024 ini sukses terlaksana, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel M Fahmi Failasopa mengajak insan pers untuk ikut memantau pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kalsel 2024.

Hal itu diungkapkannya saat menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalsel yang mengambil tema Peran Media Massa Dalam Pilkada 2024, Selasa (9/7/2024) di Hotel POP Banjarmasin.

"Insan Pers harus ikut memantau pesta demokrasi kali ini. Hal tersebut penting agar even ini bisa tercipta proses Pilkada yang adil, jujur dan damai," tegasnya.


Tidak hanya itu, baginya peran media juga sangat penting untuk aktif menyebarkan informasi terkait pemilu agar jumlah Golput bisa berkurang dari pemilu sebelumnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalsel Zainal Helmie yang turut memberikan materi dalam kegiatan kali ini juga bersepakat, bahwa media musti memberi dukungan terhadap pelaksanaan Pilkada sebagai alat legalitas yang demokratis untuk memilih pemerintahan yang di pilih oleh rakyat tanpa adanya berita hoax yang merugikan calon pemimpin.

“Mengutip dari UUD Pers 40 tahun 1999, peran kita bukan hanya menginformasikan, bukan hanya untuk pendidikan dan sebagainya, tapi juga harus melakukan kontrol sosial,” tambahnya.

Dengan melakukan hal itu maka kita akan bisa terus mengawal agar Pilkada di Provinsi Kalsel berjalan secara adil, jujur, dan damai.

“Peran kita juga wajib menangkal berita bohong atau berita hoax, peran kita sebagai wartawan juga wajib meluruskan pemberitaan bohong maupun hoax, agar Pilkada di Kalsel bisa berjalan damai," timpalnya lagi.

Dilain pihak, Ketua Badan Kesbangpol Kalsel Heriansyah menambahkan, pentingnya menggandeng para media untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah di Kalsel, agar terciptanya pemilihan yang damai.

"Karenanya kita gelar kegiatan semacam ini sebagai sarana koordinasi dan silaturahmi jelang momen Pilkada," tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال